Kota Mataram

Di Kota Mataram, 25 Ribu KK Belum Dapat Bansos

Mataram (NTB Satu) – Sebanyak 25 Ribu lebih Kepala Keluarga (KK) di Kota Mataram belum menerima bantuan sosial dalam bentuk apapun.

Kepala Dinas Sosial Kota Mataram Sudirman mengatakan mereka yang belum mendapatkan bantuan sosial itu karena belum dimasukkan ke dalam data penerima bantuan.

“Masih banyak, ada sekitar 25 ribu KK yang belum menerima bantuan apapun,” ujar Sudirman kepada NTB Satu Kamis 6 April 2023.

Terkait dengan hal tersebut, Sudirman akan melakukan pendataan kembali untuk memastikan bahwa masyarakat yang belum pernah menerima bantuan apapun, untuk segera mendapat perhatian dan menjadi prioritas bagi Dinas Sosial Kota Mataram. “Kita harus verivali (verifikasi dan validasi) lagi,” ujarnya.

Sudirman juga mengatakan Pemerintah Daerah sejak awal telah berupaya untuk melakukan penyaluran khusus bagi masyarakat yang belum pernah sama sekali menerima bantuan sosial.

“Pemerintah daerah akan memprioritaskan yang belum pernah sama sekali menerima,” katanya.

Untuk di ketahui bahwa sebanyak 24.300 keluarga penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) di Kota Mataram akan mendapatkan bantuan sosial tambahan berupa 10 kg beras per bulan selama tiga bulan dari Maret sampai Mei 2023.

Proses penyaluran sendiri akan dilakukan oleh pihak Bulog yang akan berkoordinasi dengan Dinas Sosial serta pendamping PKH kemudian diserahkan ke masyarakat penerima program PKH.

Untuk penyaluran PKH sendiri sampai dengan saat ini hampir selesai di Kota Mataram sehingga bisa dilanjutkan dengan pembagian beras 10 Kg tersebut.

“Sampai dengan hari ini sudah 98,8% sudah selesai,” ujarnya.

Sementara itu program PKH khusus untuk yang berusia di bawah 40 tahun sedang disusun prosesnya. Dimana program tersebut lebih kepada upaya pemberdayaan masyarakat yang telah memiliki usaha.

“PKH yang sudah diidentifikasi untuk diberdayakan itu sebanyak 1.308 yang berusia di bawah 40 tahun di Kota Mataram,” tandasnya. (ADH)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button