ADVERTORIAL

Tingkatkan Keamanan bagi Pengunjung, Museum NTB Gelar Simulasi Kebakaran

Mataram (NTBSatu) – Museum adalah tempat strategis sekaligus menjadi objek vital. Hal tersebut karena museum sebagai tempat menyimpan barang-barang bersejarah dan menjadi salah satu destinasi pariwisata.

Maka museum perlu memberikan rasa aman dan nyaman kepada pengunjungnya. Rasa aman dan nyaman ini pun Museum Negeri NTB tunjukkan melalui kegiatan simulasi kebakaran.

IKLAN

“Kegiatan simulasi kebakaran ini merupakan langkah kami mengantisipasi kebakaran. Sehingga jika nanti ada kebakaran, kami sudah siap,” ungkap Kepala Museum Negeri NTB, Ahmad Nur Alam, Selasa, 21 Maret 2023.

Latar belakang simulasi ini, kata Ahmad, untuk memberikan rasa aman kepada pengunjung. “Pengunjung yang datang ke museum cukup banyak, terutama anak-anak. Maka, kami harus menyiapkan skenario termasuk menyelamatkan orang dan aset,” jelasnya.

Ahmad juga menyampaikan, ke depan Museum Negeri NTB terus berkomitmen untuk memberikan rasa aman kepada pengunjung. “Kami akan mulai dengan memperbaiki semua Alat Pemadam Api Ringan (APAR),” ujarnya.

Setelah memperbaiki APAR, lanjut Ahmad, pihaknya akan membentuk tim pemadam khusus. “Dalam waktu 2 minggu kedepan kami akan bentuk tim khusus. Tim ini akan dari sumber daya museum sendiri,” tambahnya.

IKLAN

Terkait pelaksanaan simulasi, Ahmad menjelaskan, akan secara rutin dilakukan. “Untuk simulasi kebakaran rencana minimal 6 bulan sekali,” kata Ahmad.

Dalam pelaksanaan simulasi kebakaran, kemarin, telah diajarkan tentang memadamkan api menggunakan APAR maupun yang lain. Selain itu, juga teori bahan yang menghantarkan api dan ancaman kebakaran di kantor.

Materi simulasi tersebut diberikan oleh Bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi NTB.

Selanjutnya, Museum Negeri NTB, tidak hanya mengadakan simulasi kebakaran. Namun, juga mengadakan simulasi kebencanaan lainnya, termasuk gempa bumi.

“Semua kegiatan simulasi yang akan kami lakukan ini agar museum lebih siap dalam keadaan apapun,” pungkas Ahmad. (JEF)


Lihat juga:

IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button