Daerah NTB

NTB Belum Pertimbangkan Soal Larangan Sewa Motor untuk Wisatawan Asing

Mataram (NTB Satu) – Beberapa waktu lalu, Gubernur Bali, Wayan Koster melarang wisatawan asing menyewa motor. Sebab, Koster memperhatikan wistawan asing kerap ugal-ugalan saat mengendarai motor.

Provinsi NTB merupakan daerah yang memiliki banyak kesamaan. Sebab, NTB juga memiliki sektor pariwisata yang tidak kalah indah dengan Bali.

IKLAN

Wisatawan asing pun kerap memilih berlibur di Lombok dan Sumbawa. Oleh karena itu, NTB memiliki peluang untuk menerapkan aturan serupa dengan Bali terkait pelarangan wisatawan asing menyewa motor.

Kepala Dinas Pariwisata NTB, Jamaluddin Malady mengatakan, pihaknya belum ingin menetapkan aturan seperti yang ada di Bali.

Namun Jamaluddin tidak menampik bahwa NTB dapat saja mengikuti langkah Bali untuk melarang wisatawan asing menyewa motor.

“Kalau di Bali, wisatawan asing sudah padat sekali. Sedangkan, di NTB, kami memfokuskan diri untuk mengajak wisatawan domestik dan asing untuk masuk,” ujar Jamaluddin, Senin, 13 Maret 2023.

IKLAN

Ke depannya, Jamaluddin menerangkan, NTB mesti belajar dari Bali untuk penerapan aturan orang asing menyewa motor.

Saat ini, banyak wisatawan asing dari Bali datang menuju NTB menggunakan kapal cepat. Oleh karena itu, ia tengah bernegosiasi dengan Bali untuk menurunkan harga tiket pesawat.

“Kami sedang negosiasi agar harga tiket pesawat dari Bali tujuan NTB dapat turun. Kadang-kadang, harga tiket yang mahal membuat wisatawan asing dari Bali enggan berkunjung ke NTB,” terang Jamaluddin.

Setelah berdiskusi dengan Angkasa Pura, penerbangan langsung dari Bali menuju NTB masih berjumlah sedikit. Padahal, Bali dan NTB bertetangga.

“Dari Bali ke NTB itu masih satu penerbangan langsung. Kemarin, ada tambahan dari Citilink, namun hanya saat perhelatan WSBK,” ungkap Jamaluddin.

Ke depannya, ia mengharapkan agar maskapai penerbangan langsung makin banyak terbuka di NTB. (GSR)

IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button