Daerah NTB

Arahan Menhan Prabowo, NTB Sebentar Lagi Jadi Kodam

Mataram (NTB Satu) – Tahun ini adalah terakhir Korem 162/WB dijabat jendral bintang dua. Sebab tahun depan, Korem akan meningkat statusnya menjadi Komando Daerah Militer (Kodam) yang akan dijabat jendral TNI bintang satu.

Kepastian itu setelah ada instruksi dari Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD), Jendral Dudung Abdurrcahman yang meneruskan Instruksi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Isinya, Korem 162/WB salah satu institusi TNI di daerah yang akan dijadikan Kodam.

IKLAN

“Tahun ini merupakan tahun terakhir Korem sebelum dijadikan Kodam,” kata Danrem 162/WB, Brigadir Jenderal TNI Sudarwo Aris Nurcahyo.

Danrem membenarkan, pembangunan Kodam di setiap provinsi adalah arahan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto yang diteruskan Kasad Jendral TNI Dudung Abdurrachaman.

“Tahun ini akan realisasi, berkenaan dengan arahan Bapak Menhan,” sambungnya.

Lebih jauh Danrem mengatakan, peningkatan markas Korem menjadi Kodam tidak menghilangkan nilai-nilai dari Korem 162/WB yang sudah ditanamkan. Nama Wira Bhakti rencananya tetap dipakai sebagai nama Komando Daerah Militer yang baru di Provinsi NTB.

IKLAN

Sementara itu posisi Pangdam nantinya, akan dijabat oleh Jendral bintang dua.

“Nanti Danrem mungkin bisa jadi Kasdam dan Pangdam akan dikirim bintang dua. Bisa juga nanti, Kasi saya secara langsung organisasinya berubah jadi Assdam,” beber Danrem.

Disinggung soal kesiapan Korem 162/WB sendiri, Brigjen Aris secara tegas mengatakan pihaknya sudah sangat siap. Karena bagi Danrem, perubahan itu tidak terlalu sulit, ia mencontohkan, seluruh Kasi di Korem saat ini sudah berpangkat Kolonel.

“Kalau untuk penambahan alutista, pasti nanti akan berjalan secara otomatis bertambah. Ini juga sudah diusulkan pada saat Rapim TNI dan sudah disetujui Bapak Panglima TNI,” pungkasnya. (MIL)

IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button