Dibilang Bandel Bayar Royalti Lagu Dewa 19 sama Dhani, Once: Lagi Cari Titik Tengahnya

Mataram (NTB Satu) – Beberapa waktu lalu sempat viral potongan pernyataan Ahmad Dhani yang bilang kalau Once gak pernah bayar royalti saat membawakan lagu Dewa 19 dikala manggung solo.

Perkataan itu dilontarkan Dhani saat diundang acara podcastnya Vincent dan Desta.

“Kalau sama Ari Lasso gue langsung telepon sendiri aja…Ri, lo bayar gue ya kalau lo bawain lagu gue, sekian. Reza juga. Yang belum (mau bayar) Once nih, masih alot,” sindir Dhani.

Akhirnya, sindiran itu dijawab sama Once. Katanya, ada beberapa pertimbangan yang sedang dibicarakan antara pihaknya dengan Ahmad Dhani.

“Kalau soal kompromi pribadi, itu lain lagi, tidak berdasarkan aturan, berdasarkan pertemanan aja. Kalau kompromi pribadi tentu bisa, antar teman, tapi itu bukan aturan,” kata Once di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, dikutip dari Kompas.com, Rabu, 22 Februari 2023.

Once menyinggung peran Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN) yang seharusnya mengatur royalti atau sistem bagi hasil tersebut.

“Kalau aturan tidak ada yang bisa melarang performer membawakan itu, harusnya user atau tiap penyelenggara. Mereka yang membayarkan ke LMKN. Nanti mereka akan mentrasfer uang itu kepada pencipta,” lanjutnya.

Lebih lanjut, pihaknya dan Ahmad Dhani sedang mencari titik terang soal pemakaian lagu. “Resminya sih harus lewat LMKN, tapi saya sebagai teman, kompromi enggak apa-apa. Saya lagi cari titik tengahnya. Titik tengahnya, komprominya satu lagu okelah berapa,” ungkap Once.(RZK)

Exit mobile version