BERITA NASIONAL

Dilantik Jadi Panglima TNI Hari Ini, Agus Subiyanto Cerita Masa Lalunya Pernah Dianiaya PM

Selong (NTBSatu) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Jenderal Agus Subiyanto menjadi Panglima TNI menggantikan Laksamana Yudo Margono.

Baca Juga: Anak Dijanjikan Jadi Perwira TNI, Orang Tua di Bima Diduga Tertipu Rp340 Juta

Pelantikan itu digelar di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu, 22 November 2023, pukul 08.30 WIB.

Jauh sebelum menjadi tentara, Agus pernah menceritakan bahwa dirinya pernah dianiaya oleh Polisi Militer (PM) saat baru lulus SMA.

Kala itu, di pengujung Februari 1986, Agus Subiyanto naik motor bertiga dengan temannya. Ketiganya yang baru lulus SMA, berboncengan tanpa mengenakan helm. Niatnya sekadar berputar-putar di seputar Cimahi lalu akan nongkrong di suatu tempat.

Tiba-tiba saat melintasi pertigaan Leuwigajah, Baros, mereka berpapasan dengan seorang anggota PM. Di bagian dada baju dinasnya tertulis nama ‘Harahap’ dengan pangkat Kopral.

Berita Terkini:

Petugas berseragam hijau itu menggiring mereka ke Detasemen Polisi Militer (Denpom) Cimahi. Di sana Harahap menghujani ketiga remaja itu dengan pukulan dan tendangan ke bagian perut, punggung, dan tulang kering.

“Bonyoklah saya tanpa berani melawan,” kata Agus Subiyanto mengenang masa lalunya, dikutip dari detikcom.

Namun selama menerima pukulan dan tendangan bertubi-tubi itu, Agus yang dikenal sebagai ‘tukang gelut’ mengaku tak sekalipun menundukkan kepala atau memalingkan tatapan dari wajah kopral itu.

“Lihat saja nanti, kalau aku jadi tentara,” kata Agus membatin seperti tertuang dalam buku ‘Believe’ yang ditulis Valent Hartadi.

Baca Juga: Isu SARA jadi Prioritas TNI Selama Musim Politik

Momen penganiayaan itulah yang semakin mendorong Agus untuk menjadi tentara. Sebuah cita-cita yang sebetulnya kerap didorong oleh ayahnya, Serka Deddy Unadi.

1 2Laman berikutnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button