Lombok Timur

Siap-Siap, Ratusan Ribu STB Gratis Segera Diterima Masyarakat Lombok Timur

Mataram (NTB Satu) – Pemerintah Daerah (Pemda) Lombok Timur telah mendata sebanyak 100 ribu masyarakat tergolong miskin di Lombok Timur, untuk mendapatkan Set Top Box (STB). Hal ini dikarenakan telah beralihnya siaran TV Analog ke TV Digital.

Bantuan yang berasal dari Kementrian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) tersebut akan diberikan kepada masyarakat tergolong miskin yang telah diverifikasi. “Awal bulan Desember lalu, sebanyak 100 ribu lebih data calon penerima sudah kami kirim untuk diajukan dapat,” kata Kadis Kominfotik Lotim, M. Fauzan kepada ntbsatu.com.

IKLAN

Data calon penerima sendiri, kata Fauzan, juga telah diverifikasi dari desa-desa sesuai dengan jumlah tersebut. Sementara untuk data calon penerima sendiri, diambil langsung dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang ada di Dinas Sosial (Dinsos).

“Catatannya tidak semua masyarakat miskin yang masuk dalam DTKS itu dapat. Jadi ada syarat yang harus dipenuhi juga,” sambungnya.

Syarat penerima bantuan STB ini sendiri jelas Fauzan, harus masyarakat miskin yang punya TV dan berada di daerah yang tidak blank spot. Sehingga, meskipun tergolong masyarakat sangat miskin, namun ketika syarat tersebut tidak bisa terpenuhi maka tidak bisa diberikan bantuan STB.

“Syarat utamanya itu harus punya TV. Akan tetapi, meskipun miskin tapi tidak punya TV tidak berhak mendapatkan bantuan STB ini,” ujarnya.

IKLAN

Sementara untuk saat ini, Dinas Kominfotik sendiri masih menunggu pendistribusian STB tersebut. Pihaknya masih menunggu kepastian pendistribusian ke masyarakat.

“Jadi bukan kami yang distribusikan, bukan Dinsos dan juga bukan POS, tapi ada pihak ketiga nanti yang akan ditunjuk oleh Kominfo, kami juga belum tahu pasti pihak ketiga ini siapa,” pungkasnya. (MIL)

IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button