Daerah NTB

Unik, di Ciamis Ada Tradisi Penjodohan Secara Massal

Mataram (NTB Satu) – Di daerah Ciamis, Jawa Barat, terdapat sebuah tradisi unik, yakni perjodohan secara massal. Fenomena tersebut kemudian viral di media sosial. Di dalam video tersebut, terdapat lima lelaki dan lima perempuan berasal dari Pondok Pesantren (Ponpes) Mitfathul Huda 2 Bayasari yang akan dijodohkan.

Kemudian Pimpinan Umum Ponpes Mitfathul Huda 2 Bayasari, KH. Agus Malik Annawawi memperkenalkan asal daerah santri tersebut. Kemudian, Kiai Agus membawa gulungan kertas yang telah tercantum nama santri-santri tersebut.

Ketua Yayasan Ponpes Mitfathul Huda 2 Bayasari, KH. Nonop Hanafi mengatakan, perjodohan di pesantrennya telah menjadi tradisi tahunan. Hanya saja, pelaksanaannya tidak mesti di bulan yang sama tiap tahunnya.

“Tradisi ini sudah dimulai sejak tahun 2005. Saat itu ada sejumlah santri yang turut dijodohkan. Yang dijodohkan ya santri semua,” KH. Nonop, Senin, 9 Januari 2023, dilansir dari Kompas.

Diketahui bahwa santri yang dijodohkan berasal dari satu pondok. Menurut KH. Nonop, masing-masing santri telah saling kenal. Namun, hanya sebatas kenal di kalangan santri belaka.

“Sewaktu ditanya apakah para santri mau dijodohkan satu sama lain, mereka mengembalikan hal tersebut kepada kami (pengurus),” ujar KH. Nonop.

Nonop menjelaskan bahwa perjodohan tersebut tidak sembarangan dilaksanakan. Pihak pesantren telah melaksanakan dan menghitung beberapa pertimbangan sebelum perjodohan.

“Kami menghitung ke manakah seorang dapat dinikahkan dengan anak lain sehingga bisa sama-sama mengamalkan ilmunya di suatu tempat. Kondisi latar belakang orang tua juga turut menjadi pertimbangan. Tidak asal menjodohkan,”

KH. Nonop menerangkan, santri yang dijodohkan merupakan santri purna yang siap mengamalkan ilmu di daerahnya. Setelah dijodohkan, para santri akan dinikahkan secara massal.

“Nanti dinikahkan pada tanggal 23 Januari mendatang,” pungkas KH. Nonop. (GSR)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button