ADVERTORIAL

Kopi Pagaralam asal Indonesia Raih Penghargaan Internasional

Mataram (NTB Satu) – Kopi robusta asal Pagaralam, Sumatera Selatan berhasil meraih penghargaan internasional dalam ajang kontes kopi dunia Agency for the Valorization of the Agricultural Products (AVAP) Gourmet Product 2020, di Prancis.

Dilansir dari laman Dinas Pertanian dan Perkebunan NTB, kopi pagaralam unggul bersaing di antara 130 produk yang dikirimkan 15 negara produsen kopi di dunia.

IKLAN

Hanya 74 produk yang diakui meraih Gourmet Medal pada tahun 2020, salah satunya adalah Kopi Pagaralam.

Pada kontes itu, selain kopi Pagaralam, Indonesia juga meraih penghargaan untuk Kopi Kintamani Bali, tiga jenis kopi asal Jawa Barat dan kopi asal Pasuruan Jawa Timur.

Kopi Pagaralam yang berjenis robusta dipilih karena memiliki keunggulan rasa berupa strong bitter. Rasa pahit yang unik didapatkan karena tanaman kopinya ditanam di ketinggian 1.000-1.4000 mdpl, yang berdampingan dengan jenis tanaman lain seperti cengkih, kayu manis, dan petai. Seperti diketahui, tanaman kopi menyerap saripati tanaman yang ada di sekitarnya.

Keunggulan lainnya, Kopi Pagaralam ini telah melalui proses pembuatan yang higienis, mulai dari pemetikan, perendaman, penjemuran, penggorengan, dan penyortiran.

IKLAN

Pola pembuatan kopi yang berstandar dunia dilakukan oleh Dewa Wisata Sekolah Kopi yang membina sejumlah desa di Kelurahan Talang Darat dan Kelurahan Agung Lawangan di Kecamatan Dempo Utara, atau menyasar sekitar 206 petani kopi binaan. (GSR)

IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button