Daerah NTB

18 Perupa NTB Pamerkan Karya di Pameran Seni “Sense of Basoeki Abdullah “

Mataram (NTB Satu) – Gelaran Pameran Seni Sense of Basoeki Abdullah resmi dibuka di Museum Provinsi NTB, Rabu, 16 Maret 2022. Acara tersebut sukses digelar berkat kerjasama Museum NTB dengan Museum Basoeki Abdullah dan sejumlah seniman rupa di NTB.

Pameran Seni Basoeki Abdullah ini rutin diselenggarakan setiap tahun di berbagai daerah. Pada tahun ini, NTB terpilih menjadi lokasi pameran tersebut.

IKLAN

“Event ini diharapkan agar masyarakat Indonesia tetap mengingat sosok Basuki. Tahun lalu kita adakan di Kalimantan Barat,” kata Kepala Museum Basoeki Abdullah, Maeva Salmah, M.Si, di Museum NTB.

Maeva mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk membuka ruang ekspresi bagi para seniman di daerah sehingga karya-karya berkualitas mereka dapat dinikmati publik.

Kemudian ia juga menjelaskan bahwa sebanyak 18 seniman NTB menjadi bagian dari pameran ini karena karya lukis mereka lolos dari seleksi kurator. “Ada sekitar 40 peserta yang ikut. Tapi yang lolos seleksi karyanya hanya 18 orang,” ujarnya.

Terkait dengan hal itu, Kepala Dinas Pariwisata NTB, H. Yusron Hadi mengungkapkan bahwa seni lukis bagi pariwisata merupakan sebuah potensi yang wajib untuk dikembangkan.

IKLAN

Menurut Yusron, seni rupa termasuk dalam konsep ekonomi kreatif. Sehingga ia memastikan pemerintah daerah siap mendorong berbagai kegiatan yang memiliki unsur seni.

“Pemerintah menyambut baik. Besar harapan kami seluruh potensi pariwisata bisa dimanfaatkan sehingga muncul etalase pariwisata NTB yang menarik perhatian dunia,” katanya saat membuka acara Pameran Seni Basoeki Abdullah.

“Luar biasa, banyak talenta seniman kita di NTB yang hebat-hebat,” tambah Yusorn.

Semetara itu, salah seorang seniman lukis NTB, Sasi Ganungan yang ditemui ntbsatu.com di lokasi acara mengungkapkan kegembiraannya karena ada agenda yang memfasilitasi karya perupa di NTB.

“Kegiatan ini menurut saya penting. Kita bisa menampilkan karya dan saya ingin tegaskan kalau seniman di NTB karyanya bagus-bagus,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Basoeki Abdullah lahir di Surakarta, 25 Januari 1915. Basoeki Abdullah adalah salah satu pelukis kenamaan Indonesia. Pelukis beraliran realis dan naturalis ini pernah diangkat menjadi pelukis resmi Istana Merdeka pada 1974. Lukisan-lukisan karyanya menghiasi istana negara, selain menjadi koleksi dari berbagai belahan dunia. (DAA)

IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button