IKLAN
Lombok Tengah

Puluhan Rumah Diterjang Angin Puting Beliung di Lombok Tengah

Mataram (NTB Satu) – Hujan deras disertai angin kencang  memicu banjir serta angin puting beliung Rabu 16 November 2022 sekitar Pukul 13.30 Wita. Akibatnya, puluhan rumah warga rusak sedang hingga berat akibat tersapu angin kencang di Desa Loang Maka dan Desa Tibu Sisok Kecamatan Janapria, Lombok Tengah. 

Salah satu rumah warga yang rusak tersapu angin kencang. Foto : Pusdalops BPBD NTB

Dalam video amatir yang diterima ntbsatu dari tim Pusdalops BPBD NTB, suasana mencekam saat angin kencang menerpa pemukiman penduduk di Desa Tibu Sisok Kecamatan Janapria dan desa sekitarnya. Sejumlah warga berlarian menghindari ancaman reruntuhan bangunan.  Warga yang panik berteriak memperingatkan penduduk lainnya saat angin putting beliung berputar putar di atas atap rumah mereka. Laluntas kendaraan pun terlihat kacau saat  putaran angin menghempas sampai ke jalan raya.  

IKLAN

Akibat kejadian itu sedikitnya 13 rumah yang dihuni 46 jiwa dilaporkan rusak.  Rata rata kerusakan terjadi di bagian atap. Bahkan akibat dahsyatnya terjangan angin, ada bangunan yang atapnya terangkat dan ditemukan di tengah sawah. 

Data Pusdalops BPBD Provinsi NTB,  ada 13 rumah rusak diterjang puting beliung di Desa Tibu Sisok. Berikut rinciannya :   

Sementara data dari Polres Lombok Tengah, korban di Desa Loang Maka di antaranya : 

Setelah kejadian, tim dari TNI dan Polri terjun ke lokasi untuk membantu warga menata kembali rumah rumah mereka yang rusak. Sementara  itu Tim BPBD NTB bersama BPBD Lombok Tengah menyalurkan bantuan logistic tanggap darurat untuk para korban. 

“Guna memastikan bantuan material yang akan diberikan, Tim BPBD Lombok Tengah melakukan assessment kerusakan rumah di beberapa desa sekitarnya,” kata Kepala BPBD NTB, Ruslan Abdul Gani.  (HAK

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button