IKLAN
INFO NTB

Kapolda NTB Datangi Gedung BPKP Saat Berlangsung Pemeriksaan KPK

Mataram (NTB Satu) – Kapolda NTB, Irjen Pol Djoko Poerwanto bersama rombongan, mendatangi gedung Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan NTB, Selasa 11 Oktober 2022. Saat bersamaan,  penyidik KPK diketahui sedang melakukan pemeriksaan saksi saksi dalam kasus dugaan gratifikasi dan pencucian uang oknum pejabat Kota Bima. 

Kapolda tiba di BPKP sekitar Pukul 13.40 Wita, ditemani Irwasda Kombes Pol. Djoko Hariutomo dan Direktur Reskrimsus, Kombes Pol. Nasrun Pasaribu.  Mereka disambut langsung Kepala BPKP NTB, Ilham Nurhidayat, lantas bergegas menuju lantai dua gedung menuju ruangnya. Pertemuan tertutup sekitar dua jam lamanya.     

IKLAN

Sementara di lantai satu gedung, KPK tengah meminta keterangan empat orang saksi dari kontraktor proyek Kota Bima.  Muncul spekulasi bahwa kehadiran Kapolda berkaitan dengan interaksi antar lembaga auditor dan lembaga antikorupsi tersebut. Apalagi sosok Djoko Poerwanto pernah jadi bagian dari penyidik di KPK saat berpangkat AKBP.  

Namun spekulasi itu dibantah Djoko. Momentum itu hanya silaturahmi biasa. “Tidak ada. Saya hanya berkunjung, bersilaturahim, untuk mempererat kerja bareng,” tepis Kapolda usai pertemuan Pukul 16.40 Wita.

“Polda dan BPKP itu kolega, sama seperti dengan yang lainnya. Dan saya tidak pernah kesini selama saya menjadi Kapolda,” sambungnya, sembari terus melempar senyum ke jurnalis.  

Kehadirannya juga tidak bicara khusus dengan penanganan kasus korupsi di NTB. Tidak ada pembicaraan bersifat teknis kecuali penguatan hubungan antar lembaga.  “Saya berkunjung ke sini  karena Mas Ilham (Kepala BPKP NTB, red) pernah berkunjung ketempat saya. Dan saya belum pernah ke sini,” timpal Kapolda.

 Meski menepis kehadirannya terpaut dengan KPK, namun Kapolda  sempat memberikan apresiasi kepada penyidik yang sedang menjalankan tugas. 

Sementara itu Kepala BPKP NTB, Ilham Nurhidayat, mengungkapkan kunjungan Kapolda ke BPKP hanya sebatas silaturahim saja.  Tidak ada korelasi dengan kehadiran KPK. 

“Silaturahmi aja. Cuman pas kebetulan aja ada pemeriksaan itu. Saya juga tidak menginformasikan ke beliau (Ada KPK, red),” tandas Ilham kepada wartawan.

Menurutnya banyak hal yang dibicarakan antara dirinya dengan Kapolda NTB dalam durasi kunjungan Kapolda dari sekitar dua jam itu, tapi menurutnya hanya merupakan obrolan biasa aja. (HAK)  

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button