Mataram

Kota Mataram Raih Predikat Terbaik Pengendalian Inflasi di Wilayah Indonesia Timur

Mataram (NTB Satu) – Kota Mataram meraih penghargaan predikat terbaik Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Awards 2022 untuk wilayah Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua.

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Wali Kota Mataram, H. Mohan Roliskana dari Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Waryijo bersama Menteri Bidang Perekonomian (Menko), Airlangga Hartarto pada acara di Hotel Shangri-La Ballroom, Surabaya, pada Rabu, 14 September 2022.

“Penghargaan ini dinilai berdasarkan hasil evaluasi kinerja TPID tahun 2021 dalam menjalankan program unggulan untuk penanganan inflasi di tengah masyarakat, dan Kota Mataram terpilih dengan predikat terbaik untuk Wilayah Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua,” ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Mataram, I Nyoman Suwandiasa.

Adapun TPID Kota Mataram sendiri, pada tahun 2021 mengangkat inovasi program unggulan “Kampung Tanggap Inflasi” dengan membentuk Program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) yang dilaksanakan oleh Dinas Ketahanan Pangan Kota Mataram.

P2L dilakukan melalui pemberdayaan kelompok masyarakat. Tahapan awal dari prpogram ini yaitu menentukan Calon Petani dan Calon Lokasi (CPCL). Selanjutnya, penunjukan kelompok untuk melakukan kegiatan pembenihan berbagai jenis tanaman sayuran dalam rumah bibit, kemudian dikembangkan di lahan percontohan, yang seterusnya disalurkan ke anggota kelompok untuk menanam di pekarangan masing masing.

“Akhir dari tahapan kegiatan ini adalah pasca-panen yang hasilnya dapat dinikmati sendiri, serta selebihnya dijual (dipasarkan) untuk menambah kas kelompok, karena program P2L tahun 2021 berorientasi pasar,” tutupnya. (RZK)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button