Pendidikan

Apakah Operator Sekolah Bisa Daftar Guru Penggerak Angkatan 11? Begini Penjelasannya

Mataram (NTB Satu) – Pendaftaran Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) Angkatan 11 telah dibuka sejak tanggal 9 Oktober 2023. Pendaftaran akan berlangsung selama 19 hari hingga tanggal 27 Oktober mendatang.

Meskipun pendaftaran telah dibuka, masih banyak ternyata yang kebingungan mengenai syarat pendaftarannya. Salah satu yang menjadi pertanyaan adalah apakah operator sekolah bisa mendaftar pada PPGP Angkatan 11.

Widyaprada Balai Guru Penggerak (BGP) NTB, Ernie Isis Aisyah A., M.Pd., pada pekan lalu, menjelaskan, bahwa operator sekolah tidak bisa mendaftar PPGP Angkatan 11.

“Karena yang diundang untuk mendaftar PPGP Angkatan 11 ini adalah guru. Guru merupakan tenaga pendidikan, sedangkan operator sekolah merupakan tenaga kependidikan,” jelasnya saat Sosialisasi PPGP Angkatan 11.

Sementara itu untuk kepala sekolah, lanjut Ernie, bisa atau tidak mendaftar PPGP Angkatan 11 tergantung memiliki Nomor Registrasi Kepala Sekolah (NRKS).

Berita Terkini:

“Kepala sekolah bisa mendaftar PPGP Angkatan 11 dengan syarat tidak memiliki NRKS. Kalau punya NRKS, maka tidak bisa mendaftar,” tambahnya.

Berikut syarat lengkap dan kualifikasi untuk mendaftar PPGP Angkatan 11:

  1. Guru jenjang TK, SD, SMP, dan SMA
  2. Guru PNS maupun Non-PNS (baik dari sekolah negeri maupun sekolah swasta)
  3. Memiliki akun guru di Data Pokok Pendidikan (Dapodik)
  4. Kualifikasi pendidikan minimal S1/D4
  5. Pengalaman mengajar minimal 5 tahun
  6. Masa sisa mengajar tidak kurang dari 10 tahun atau usia maksimal 50 tahun saat registrasi
  7. Tidak sedang mengikuti kegiatan diklat CPNS, PPG, atau kegiatan lain yang dilaksanakan secara bersamaan dengan proses rekrutmen dan pendidikan penggerak
  8. Bersedia mengikuti proses pendidikan selama 6 bulan.
  9. Tidak sedang proses rekrutmen kepala sekolah penggerak, pelatihan ahli/fasilitator sekolah penggerak atau sedang melaksanakan tugas sebagai kepala sekolah penggerak, pelatikahli/fasilitator sekolah penggerak pada program sekolah penggerak.

Itulah penjelasan apakah operator sekolah bisa mendaftar PPGP Angkatan 11. Semoga bermanfaat. (JEF)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button