IKLAN
Mataram

Mobil Penyapu Jalan Jadi Kado HUT Ke-29 Kota Mataram

Mataram (NTB Satu) – Sampah masih menjadi masalah serius di Kota Mataram. Misalnya sampah dedaunan di jalanan, proses membersihkannya membutuhkan tenaga dan waktu yang relatif banyak jika dilakukan secara manual.

Karena itu, pada Rabu, 31 Agustus 2022 bertepatan dengan hari jadi Ke-29 Kota Mataram, Wali Kota Mataram, Mohan Roliskana secara simbolis menghadiahkan satu mobil penyapu jalan kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Mataram.

IKLAN

“Jadi (mobil) ini fungsinya untuk menyapu jalan dengan mudah dan efesien, selain menyapu, mobil ini bisa langsung menyedot sampah dan debu,” ujar Kepala DLH Kota Mataram, H. Kemal Islam seusai mengikuti Upacara Apel Peringatan HUT ke-29 Kota Mataram di Taman Sangkareang.

Dengan itu, Kota Mataram diklaim menjadi satu-satunya daerah di Provinsi NTB yang memiliki mobil penyapu jalan.

Dikatakan Kemal, mobil tersebut akan segera beroperasi pada September ini untuk membersihkan jalan-jalan protokol selama 5 jam dalam sehari.

Dengan adanya mobil tersebut, rupanya tidak akan menggeser keberadaan para petugas kebersihan kota untuk membersihkan jalanan seperti biasanya.

Adapun spesifikasi mobil tersebut adalah kendaraan jenis truk berukuran sedang yang dilengkapi dengan empat mesin sapu otomatis dan penyedot sampah di bagian bawah dekat ban. Lalu ada bak penampung sampah dan mesin penyemprot air. Tiga hal tersebut dapat dilakukan bersamaan dengan satu kendaraan penyapu jalan.(RZK)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button