Mataram

Terpengaruh “Citayam Fashion Week”, Pemkot Gelar “Sasambo Street Fashion Show” Meriahkan HUT Ke-29 Mataram

Mataram (NTB Satu) – Pengaruh viralnya Citayam Fashion Week menyebar ke seluruh Indonesia. Pemerintah Kota (Pemkot) Mataram turut mengadopsi konsep tersebut untuk memeriahkan HUT Ke-29 Kota Mataram yang diberi judul Sasambo Fashion Show. Kegiatan itu digelar di Jalan Pejanggik tepat di depan gerbang utara Taman Sangkareang pada Kamis, 25 Agustus 2022.

Acara tersebut diikuti oleh puluhan peserta dari unsur Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Mataram. Sesuai namanya, para peserta beradu keunikan melintasi Jalan Pejanggik dengan mengenakan busana tenun bermotif khas suku sasak, samawa, dan mbojo atau disingkat Sasambo.

Ketua TP PKK Kota Mataram, Kinnastri Mohan Roliskana yang membuka acara tersebut mengatakan, bahwa tenun Sasambo yang diproduksi di Kota Mataram memiliki kualitas yang cukup bagus dan ekonomis.

“Ini (busana tenun) saya beli di SMKN 5 Mataram. Saya sudah buktikan lama, kualitasnya bagus, warnanya juga tidak mudah luntur. Pokoknya tidak kalah dengan tenun yang dijual dengan harga mahal,” ungkap Kikin sapaan akrab Ketua TP PKK Kota Mataram.

Melalui lomba tersebut, Kikin mengharapkan agar busana batik Sasambo dapat terus dikenakan oleh masyarakat Mataram dalam kehidupan sehari-hari, terutama di kalangan pemerintahan.

“Kita harap, ke depannya batik Sasambo dapat digunakan oleh seluruh ASN lingkup Pemerintah Kota Mataram, minimal dua kali dalam satu bulan, agar batik Sasambo ini dapat lebih di kenal khususnya bagi orang-orang yang berasal dari luar NTB,” tutur Kikin seusai membagikan piala kepada pemenang Lomba Sasambo Fashion Show.

Bagi para peserta, lomba tersebut diakuinya sangat seru sekaligus berkesan dalam beradu kreativitas.

“Intinya happy, meriah, dan kaget juga karena baru pertama kali (ikut lomba) langsung dapat juara satu, karena yang lain busananya bagus-bagus semua. Ini konsep pakaian saya kasual remaja,” kata pemenang Lomba Sasambo Fashion Show perwakilan Sekretariat Daerah (Setda) Kota Mataram, Luluq Zainuddin.

Selama beberapa hari ke depan hingga hari jatuhnya HUT Kota Mataram pada 31 Agustus 2022, Kota Mataram akan terus disemarakkan oleh berbagai festival dan perlombaan, seperti konser musik “From Sunrise to Sunset” di Taman Hiburan Rakyat (THR) Loang Baloq pada 27 Agustus 2022, dan pameran mutiara di Taman Sangkareang pada 26 hingga 28 Agustus 2022. (RZK)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button