Mataram

Jauh jauh dari Dompu, Meriahkan Lomba Tumpeng di HUT Kota Mataram

Mataram (NTB Satu) – Sebagai salah satu rangkaian memeriahkan hari ulang tahun (HUT) ke-77 RI sekaligus HUT ke-29 Kota Mataram, Pemerintah Kota (Pemkot) Mataram bekerja sama dengan Ikatan Ahli Boga (Ikaboga) NTB menyelenggarakan lomba hias tumpeng di halaman depan Kantor Wali Kota Mataram pada Rabu, 24 Agustus 2022.

Perlombaan itu diikuti oleh 41 kelompok yang didominasi oleh kelompok Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dari beberapa daerah di NTB. Salah satu yang menarik, kelompok PKK Dompu datang dari jauh untuk mengikuti perlombaan ini.

“Pendaftar itu 50, yang berkesempatan hadir 41. Peserta yang terjauh itu dari kelompok PKK Dompu,” ujar Ketua Ikaboga NTB, Rediwati.

Aspek penilaian dalam lomba tersebut meliputi kerapian, kebersihan, keserasian, kekompakan tim, dan rasa hidangan.

“Jurinya dari unsur chef, Ikaboga NTB, Dinas Ketahanan Pangan Kota dan PKK Kota Mataram. Bahannya mereka bawa dari rumah, lalu dihias di sini selama 45 menit. Jadi tidak ada kecurangan,” imbuh Rediwati seusai penyerahan piala kepada pemenang lomba.

Juara satu dalam perlombaan tersebut disabet oleh kelompok PKK Lombok Tengah, karena memiliki kreasi hidangan yang paling unik dari yang lainnya.

“Kita bangga banget dan tidak menyangka rasanya. Kata jurinya, ini yang mereka mau, hiasan seimbang antara nabati dan hewani. Kami juga tidak menggunakan unsur kertas, hiasan bendera kami saja dari lobak dan paprika,” ucap girang Ketua PKK Lombok Tengah, Baiq Nening.

Ke depannya, Rediwati berencana untuk memupuk para peserta dalam perlombaan tersebut, supaya lebih produktif dari sebelumnya. (RZK)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button