Kota Mataram

Pemkot Mataram Pelajari Instruksi Soal Beli Minyak Goreng Pakai PeduliLindungi

Mataram (NTB Satu) – Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan dalam keterangan pers pada Jumat, 24 Juni 2022 lalu mangatakan, pembelian minyak goreng curah akan diawasi dengan penggunaan aplikasi PeduliLindungi. Pemerintah Kota Mataram akan mempelajari instruksi soal beli minyak goreng menggunakaan PeduliLindungi.

Penggunaan PeduliLindungi ditujukan untuk meningkatkan pengawasan dalam upaya mencegah potensi penyelewengan yang bisa berdampak pada kenaikan dan kelangkaan harga minyak goreng curah. Masa sosialisasi regulasi baru tersebut akan dimulai pada Senin, 27 Juni 2022. Setelah masa sosialisasi selesai, semua penjualan dan pembelian minyak goreng curah akan menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Sementara masyarakat yang belum punya PeduliLindungi tidak perlu merasa khawatir, karena masih bisa membeli dengan menunjukkan NIK untuk bisa mendapatkan minyak goreng curah dengan harga eceran tertinggi (HET).

Mengenai penerapan regulasi tersebut di Kota Mataram, Asisten I Setda Kota Mataram, Lalu Martawang tidak berani berkomentar lebih jauh. Pihaknya belum mempelajari secara utuh regulasi baru tersebut.

“PeduliLindungi ini kan konteksnya penanganan Covid-19, saya kira manakala ada kebijakan seperti itu dirilis oleh pemerintah pusat, kita lihat dulu bunyi dan arahannya seperti apa, dan relasinya dengan minyak goreng seperti apa,” ujar Martawang, Senin, 27 Juni 2022.

Nantinya, pembelian minyak goreng curah akan dibatasi maksimal 10 kg per NIK per hari. Dengan harga dijamin pemerintah di HET Rp14.000 per liter dan Rp15.500 per kg. Jumlah itu dianggap sudah memenuhi kebutuhan rumah tangga bahkan pelaku usaha kecil.

Ia pun ingin memastikan, agar distribusi minyak goreng bisa sampai kepada level paling bawah, supaya tidak ada daerah yang mengalami kelangkaan minyak goreng. (RZK)

IKLAN
IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button