Pemerintahan

Mantan Pejabat Disnaker Sumbawa Kenang Kegigihan Lalu Iqbal Advokasi PMI

Mataram (NTBSatu) – Nama Lalu Muhammad Iqbal mungkin saja asing bagi sebagian orang. Namun, nama itu akan selalu dikenang oleh mantan Kabid Penempatan Tenaga Kerja Disnaker Kabupaten Sumbawa, Zainal Arifin.

Nama Iqbal bagi Zainal adalah sosok orang yang berjuang melawan ketidakadilan bagi para pekerja migran Indonesia (PMI) atau sering disebut TKI ketika menghadapi masalah di tempat kerja di luar negeri.

IKLAN

Zainal mengatakan nama mantan Duta Besar Indonesia untuk Turki tersebut masih teringat jelas sejak masih sibuk mengusung segala problematika yang dihadapi para TKI asal Sumbawa tahun 2015-2018 lalu.

Pada waktu itu, kata Zainal ada puluhan TKI bermasalah asal Sumbawa NTB diselesaikan oleh Lalu Iqbal. Baik yang bekerja di Malaysia, Arab Saudi hingga Filipina.

“Pada tahun 2016 Lalu Iqbal jasi direktur pada Direktorat Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia. Kita selalu berkomunikasi soal penanganan PMI sama pak Iqbal,” kata Zainal, Sabtu, 9 Desember 2023.

Berita Terkini:

Iqbal dikenal sebagai pejabat yang sangat responsif. Ketika ada TKI bermasalah asal NTB Lalu Iqbal tak tanggung-tanggung terjun langsung menyelesaikan.

IKLAN

“Ya dia sangat peduli sekali. Karena selama menjadi direktur perlindungan dia ikut mengurus semua TKI kita asal NTB terutama yang ada masalah ketika di luar negeri,” ujarnya.

Bahkan kata Zainal ada tiga TKI yang bermasalah di Malaysia, Arab Saudi diselesaikan langsung oleh Lalu Iqbal. Para TKI yang berangkat ilegal tersebut berhasil dipulangkan karena tidak mendapatkan perlakuan tidak enak selama bekerja di Luar Negeri.

“Ya waktu itu mereka termasuk ilegal. Jadi Kemenlu bertanggung menyelesaikan. Seingat saya ada puluhan, banyak sekali ya. Yang langsung bersentuhan dengan Lalu Iqbal,” ujarnya.

IKLAN
1 2Laman berikutnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button