ADVERTORIAL

PLN UIP Nusra Salurkan 25 Ekor Sapi Kurban ke Ponpes, PA, dan Masjid

Mataram (NTB Satu) – Memperingati Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah tahun ini, PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Nusa Tenggara (UIP Nusra) menyalurkan hewan kurban sejumlah 25 ekor sapi dan 2 ekor kambing yang diserahkan secara simbolis di kantor UIP Nusa Tenggara Jalan Yos Sudarso No. 2A Mataram.

Penyerahan simbolis pada acara bertajuk “Tebar Berkah Daging 1443 H” itu diterima oleh pengasuh Panti Asuhan Darul Ikhlas Kota Mataram, Ustaz Johan Efendi. Secara keseluruhan hewan kurban akan disalurkan melalui Yayasan Pondok Pesantren/Panti Asuhan, Masjid-Masjid, dan masyarakat secara langsung yang tersebar di dua provinsi wilayah kerja UIP Nusra yakni di NTB dan NTT.

General Manager (GM) PT PLN (Persero) UIP Nusa Tenggara, Wahidin mengatakan, dari total 25 ekor sapi dan 2 ekor kambing ini merupakan hasil patungan dari pegawai UIP Nusa Tenggara yang berkolaborasi dengan Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN.

“Kami sebagai insan PLN harus memiliki kesadaran akan kepekaan sosial, kepedulian kepada sesama, dan ini merupakan cerminan bagaimana semangat Berkurban, dapat merefleksikan Keikhlasan dan dapat mewujudkan Pengorbanan yang Sempurna bagi setiap Insan yang berkurban,” kata Wahidin.

IKLAN

Dari keseluruhan hewan kurban tersebut, merupakan hasil dari peternakan warga sekitar proyek infrastruktur ketenagalistrikan yang dikerjakan oleh PLN, sehingga diharapkan dapat menimbulkan dampak ekonomi secara langsung, dan mampu membangun rantai kemanfaatan sampai masyarakat penerima.

Wahidin menjelaskan hewan kurban yang disalurkan telah diperiksa oleh Dinas Peternakan atau Dinas Ketahanan Pangan setempat serta dinyatakan sehat, sehingga memenuhi syarat untuk menjadi hewan kurban.

Menyembelih hewan kurban hukumnya sunnah muakkad (sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan). Bahkan, ada ulama yang mewajibkan karena besarnya manfaat yang dihasilkan.

“Umat Islam sangat dianjurkan untuk menyembelih kurban. Bahkan di antara ulama ada yang mewajibkan untuk menyembelih kurban ketika kita mampu,” tutup Wahdin.

Pada kesempatan yang sama, Ustaz Johan Efendi, menyampaikan rasa terimakasih dan apresiasinya kepada PLN yang pada Idul Adha tahun ini mengambil peran untuk berbagi kebahagiaan bersama panti Asuhan Darul Ikhlas.

“Kurban ini tentu akan sangat berarti bagi anak-anak di panti asuhan, total ada sekitar 150 orang yatim piatu dan lansia, baik di asrama panti maupun luar asrama panti,” demikian ujar Johan. (ABG)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button