MXGP

Cegah Gigitan Anjing Liar saat MXGP Samota, Kader Siaga Rabies Dibentuk

Mataram (NTB Satu) – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Provinsi NTB membentuk Kader Siaga Rabies (Kasira) yang melibatkan kepala desa, Babinsa, dan tokoh pemuda di Samota, Kabupaten Sumbawa. Kasira dibentuk untuk menjaga keamanan penonton perhelatan Motocross Grand Prix (MXGP) of Indonesia di Samota dari gigitan anjing liar.

“Mulai hari ini akan berkantor di Samota dan semua petugas dikerahkan, baik medis veteriner (dokter hewan maupun paramedis veteriner) untuk siaga dan melakukan upaya pencegahan,” ujar Kepala Disnakeswan NTB, Khairul Akbar, Jumat, 10 Juni 2022.

IKLAN

Kasus gigitan anjing di Kabupaten Sumbawa masih nol, tetapi pihaknya terus melakukan langkah pencegahan seperti melakukan eliminasi, pengurangan jumlah peternak anjing, melakukan penangkapan dengan metode obat bius, serta melakukan vaksinasi massal pada anjing agar penyelenggaraan MXGP aman dan lancar dari gangguan anjing liar.

Selain itu, pihaknya melakukan pelatihan kepada petugas kesehatan hewan dan kesehatan manusia dalam Tatalaksana Kasus Gigitan Terpadu (Takgit) yang dilakukan selama tiga hari di Kabupaten Sumbawa. Selain itu, juga bekerja sama dengan Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi NTB dalam menyebarkan edukasi kepada masyarakat perihal penanganan gigitan anjing liar tersebut.

Jadwal perhelatan MXGP sendiri tinggal menghitung hari, yaitu pada 24-26 Juni 2022. Sedangkan tingkat persiapan, sampai saat ini pembangunan sirkuit diklaim mencapai 90 persen. (RZK)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button