IKLAN
NTB

BKSDA NTB Sarankan ITDC Perbaiki Kualitas Pagar untuk Halau Anjing Masuk Sirkuit

Mataram (NTB Satu) – Selama melakukan penjagaan satwa liar saat perhelatan WorldSBK 2022 di Sirkuit Mandalika pada 11 hingga 13 November 2022, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi NTB memberi beberapa catatan penting kepada ITDC maupun pihak penyelenggara dalam meningkatkan kualitas pengamanan satwa liar.

Pertama, BKSDA Provinsi NTB menyarankan agar lubang-lubang pada pagar sirkuit segera ditutup, karena menjadi celah rawan bagi satwa liar seperti anjing dan biawak untuk masuk ke dalam areal sirkuit.

IKLAN

“Di lokasi Tribun K dan I, tim menjumpai masing-masing 1 ekor anjing yang sedang berteduh. Selanjutnya anjing-anjing tersebut dihalau keluar pagar sirkuit lewat lubang tembok wilkon yang belum ditutup,” ujar Kepala BKSDA Provinsi NTB, Budhy Kurniawan dalam keterangan resminya, Minggu, 13 November 2022.

Selain itu, pihaknya juga mengaku kekurangan personel dalam melakukan penjagaan pada lubang pembatas sirkuit, serta melakukan penyisiran ke area-area vital seperti tribun, paddocks, hingga lokasi UMKM. Menurut Budhy, perlu adanya personel tambahan dari ITDC dalam melakukan penjagaan.

“Kendala yg dihadapi, keterbatasan personel dalam melakukan pemeriksaan lubang-lubang pagar lintasan, dan alat serta sarana untuk menutup lubang tersebut,” imbuhnya.

Namun secara umum, lanjut Budhy, tidak ditemukan gangguan yang terlalu berdampak akibat adanya anjing liar yang masuk ke areal Sirkuit Mandalika. “Secara umum, kegiatan berjala lancar,” yakinnya.

Lebih lanjut, selain adanya beberapa anjing liar yang dihalau keluar oleh petugas, juga terdapat satu ekor anjing yang ditembak paksa karena sulit dihalau. Selanjutnya, anjing yang tertembak di Tribun F tersebut dievakuasi menuju Dog Shelter. (RZK)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button