IKLAN
NTB

Biar Lebih Gampang Akses Modal, 25 Ribu UKM di NTB akan Dibantu Pembuatan NIB

Mataram (NTB Satu) – NTB Mall menargetkan sebanyak 25.000 pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB).
Dengan memiliki NIB, UKM akan mendapatkan banyak kemudahan, selain pemerintah memiliki dasar untuk memberikan kebijakan-kebijakan dan program kepada UKM.

Kepala Dinas Perdagangan Provinsi NTB, Drs. H. Fathurrahman, M. Si didampingi Pengelola NTB Mall, Indah Purwanti mengatakan, target sebanyak 25.000 IKM memiliki NTB Ini diharapkan tuntas pada bulan Oktober 2022 ini.

IKLAN

NTB bekerjasama dengan Indonesian Council Small Business (ICSB) /Dewan Internasional Bisnis Kecil Indonesia NTB yang diketuai langsung oleh Ketua Tim Penggerak PKK NTB, Hj. Niken Saptarini Zulieflimansyah. 25.000 UKM yang akan ber NIB ini menjadi UKM yang bermitra langsung dengan NTB Mall.

Bagi UKM yang sudah ber NIB, secara kebijakan, mudah bagi pemerintah untuk mengarahkan pembangunan UKM NTB setelah UKM terdata. Dari segi permodalan, dari segi usahanya, lokasi usahanya, akan terpotret langsung dan NTB memiliki data base.

“Bisa lebih mudah diintervensi,” ujarnya. Selain itu, UKM yang sudah memiliki NIB akan lebih mudah mengakses permodalan di lembaga keuangan. “NIB itu syarat (mengakses modal),” imbuhnya.

NTB Mall saat ini mengelola sebanyak ribuan IKM, baik konvensional maupun online. Dengan jumlah produk lebih dari 10 ribu.

Produk-produk UKM yang ada di NTB Mall selain dijual secara konvensional dan online, NTB Mall juga bekerjasama dengan 20 hotel yang ada di Pulau Lombok. Seluruh kamar hotel yang menjadi mitra kerjasama ini akan ditempatkan barcode bagi tamu hotel mengakses produk-produk yang ada di NTB Mall hanya melalui ponsel pintarnya.

“Dengan barcode yang disediakan, tamu hotel bisa berbelanja secara online untuk produk-produk lokal NTB hanya dari kamarnya. Pembayaran juga bisa dilakukan secara online. Dan pesanan akan diantarkan melalui kurir yang menjadi mitra NTB Mall,’ tambahnya.

Selain itu, NTB Mall juga tengah menggarap pasar lokal secara massif, instansi pemerintah, maupun swasta untuk menggunakan produk lokal. Salah satunya pakaian seragam menggunakan kain lokal.

“Kita road show ke OJK, BI, Polda, kita tawarkan menggunakan seragam dengan produk kain lokal. Kami di NTB Mall juga sudah siapkan desainernya,” demikian Indah. (ABG)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button