Kota Mataram

Seleksi Paskibraka 2024 Digelar Bulan April, PPI NTB Bagikan Tips Agar Bisa Lolos

Mataram (NTBSatu) – Seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2024 di NTB akan dilaksanakan pada bulan April mendatang. Tahapan seleksi akan dimulai dari tingkat sekolah, kabupaten/kota, provinsi, dan nasional.

“Untuk jadwal seleksi rencananya akan dilaksanakan setelah lebaran Idul Fitri (bulan April). Tetapi, untuk di Kota Mataram, seleksi sudah dilakukan di tingkat sekolah pada Januari kemarin,” jelas Humas Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kota Mataram, Afiifah Ghina Ulayya kepada NTBSatu, Minggu, 4 Februari 2024.

Ia menyampaikan, ada sejumlah tes yang harus dijalani oleh para calon Paskibraka di setiap tingkatan seleksinya.

“Seleksi tingkat sekolah, akan dilihat dari bagaimana peraturan baris berbarisnya (PBB) dan postur badan. Lalu, di tingkat kabupaten/kota dan provinsi hampir sama, ada PBB dan pengecekan postur badan, dengan ditambah Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) serta Tes Intelegensia Umum (TIU),” rinci Ghina.

Paskibraka Provinsi NTB Tahun 2018 ini pun meminta agar para siswa SMA sederajat di NTB yang ingin mengikuti seleksi 2024 untuk mempersiapkan diri.

Berita Terkini:

“Terutama dalam TWK, TIU, dan PBB, agar lebih dimatangkan lagi. Karena ketika nanti saat seleksi di tingkat provinsi, yang menilai bukan lagi tim PPI NTB. Melainkan, langsung dari tim penilai Paskibraka nasional,” ujar Ghina.

Sementara untuk tes parade atau pengecekan postur badan, katanya, yang perlu diperhatikan adalah posisi bahu atau kepala saat berdiri. Apakah ada yang miring atau tidak.

“Jangan lupa juga untuk olahraga dalam menghadapi tes Samapta. Coba latihan push up, sit up, dan lari selama 12 menit,” tutur mahasiswi Universitas Mataram ini.

Selain persiapan yang telah disebut di atas, Ghina juga mengingatkan pentingnya sikap ketika mengikuti seleksi Paskibraka 2024 nanti.

“Yang paling penting saat tes itu adalah sikap adik-adik, karena akan dilihat bagaimana menjalani tesnya sendiri dari awal sampai akhir. Apakah mereka punya mental yang siap untuk menjadi Paskibraka atau tidak. Itu bisa terlihat saat seleksi,” tutupnya. (JEF)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button