MXGP

MXGP Samota, Ada Kapal Cepat dari Senggigi, Gili Trawangan dan Mandalika

Mataram (NTB Satu) – Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah meyakinkan kesiapan Samota Sumbawa sebagai tempat penyelenggaraan event internasional Motocross Grand Prix (MXGP) pada tanggal 24-26 Juni 2022 ini.

MXGP Indonesia sudah dilaunching di Jakarta, Kamis 19 Mei 2022 oleh Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo, bersama Gubernur NTB dan seluruh stakeholdersnya di Rocket Motor Indonesia.

IKLAN

Usai menyaksikan penandatangan pembangunan kawasan industri halal di Dinas Perindustrian Provinsi NTB, Jumat 20 Mei 2022, Gubernur kembali menegaskan, progres kesiapan menjadi tuan rumah MXGP Samota sudah berjalan cukup bagus.

“Sirkuit MXGP kan beda dengan sirkuit MotoGP yang harus diaspal dan kegiatan launching MXGP Indonesia sudah menandai kesiapan Indonesia,” ujarnya.

Kendati demikian, Gubernur tidak menampik masih ada tantangan menjadi tuan rumah.Misalnya, kesiapan tempat penginapan. Apalagi untuk menginapkan sebanyak 100.000 penonton. Keadaan di Sumbawa untuk akomodasi masih jauh lebih siap di Lombok. Begitu juga dengan restorannya yang sudah berstandar internasional, lebih lengkap di Lombok.

“Tidak semua di Pulau Sumbawa itu menyediakan makanan dengan standar internasional,” ujarnya.

Untuk itu, Gubernur mengatakan akan ada beberapa skenario yang dilakukan. Bisa saja tamu-tamu MXGP diinapkan di Pulau Lombok. Sementara akses tamu ke Pulau Sumbawa difasilitasi dengan kapal kapal cepat.

“Akan kita siapkan kapal cepat di Gili (Lombok Utara) di Senggigi (Lombok Barat), dan di Kuta Mandalika(Lombok Tengah) menuju Sumbawa. Lotim bisa hidup, Loteng bisa hidup, Sumbawa bisa hidup,” ujar Gubernur.

Berbicara kesiapan dan pelaksanaan MXGP Samota, Gubernur kembali menegaskan, NTB harus berani menjadi tuan rumah.

“Ini ibarat telur dan ayam. Kalau tidak berani, investor tidak akan percaya dengan kita,” demikian Gubernur.

Menurut Bang Zul, event MXGP Samota pada tanggal 24-26 Juni mendatang, dapat mempromosikan potensi yang dimiliki oleh Pulau Sumbawa. Terutama integrasi dari 3 kawasan Teluk Saleh, Pulau Moyo, dan Gunung Tambora yang populer dan sangat eksotik di dunia.

Tidak hanya itu, Sirkuit MXGP Samota Sumbawa ini akan menjadi sirkuit yang permanen untuk mendukung digelarnya berbagai kejuaraan dan event lain secara berkelanjutan.

“Sehingga akan menjadi daya tarik agar terus mendatangkan pengunjung ke pulau Sumbawa,”jelas Doktor Ekonomi Industri tersebut.

Sementara itu, Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia, Bambang Soesatyo menyatakan siap mendukung penuh gelaran MXGP of Indonesia di Samota Sumbawa. Ia tidak menyangka bahwa kemajuan persiapan event ini cukup baik.

“Selangkah lagi kegiatan ini akan terselenggara, kami mendukung penuh Pemprov. NTB dan Kabupaten Sumbawa sebagai tuan rumah,”kata ketua MPR RI ini.

Ia juga mengaku bahwa kesuksesan penyelenggaraan event MotoGP di Mandalika dan persiapan event MXGP di Samota berdampak positif terhadap minat daerah lain untuk menggelar event otomotif.

“Ini efek positif untuk perkembangan dunia otomotif di Indonesia,”ucapnya. (ABG)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button