Advertorial

Momen Hari Kebangkitan dan Buku Nasional, Pocadi Hadir untuk Masyarakat yang Membutuhkan

Mataram (NTB Satu) – Momentum hari buku nasional pada 17 Mei 2022 dan Hari Kebangkitan Nasional pada 20 Mei 2022, menjadi momen bagi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan NTB terus memberi ruang bagi masyarakat untuk mengakses buku dan mendapatkan tempat membaca yang nyaman. Salah satunya melalui Pojok Baca Digital (Pocadi) milik Dinas Perpustakaan dan Kearsipan NTB di Islamic Center NTB.

Salah satu pengunjung yang memanfaatkan fasilitas Pocadi, Alvin mengatakan, kerap berkunjung di Pocadi. Sebab, kediaman Alvin tidak jauh dari lokasi Pocadi. Saat membaca, tampak mimik muka Alvin sangat riang dan fokus. Ia memang memiliki kegemaran membaca.

IKLAN

“Buku-buku di sini keren,” ujar siswa MIN 1 Mataram, di Pocadi, Jumat, 20 Mei 2022.

Pocadi menyediakan tiga unit Personal Computer (PC) untuk akses buku dalam format digital melalui aplikasi i-pusnas. Terdapat berbagai judul buku di dalamnya. Pengunjung dapat mengakses bahan bacaan agama untuk kebutuhan tugas. Sebagian melihat video di kanal YouTube dan situs ilmu pengetahuan lainnya. Bahkan, terdapat review teknologi atau berbagai informasi yang dibutuhkan.

Setelah menghabiskan waktu cukup lama, Alvin beranjak dari Pocadi. Sebab, harus menyelesaikan sejumlah pekerjaan dan membantu orang tua.

“Mau bantu bapak menjual alpukat kocok di depan SDN 5 Mataram,” ucap Alvin, sembari meninggalkan Pocadi.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan NTB, Julmansyah M.Ap., mengatakan, di dalam Pocadi, terdapat sofa, meja dan kursi, yang disiapkan bagi pengunjung. Selain itu, berbagai fasilitas dapat dimanfaatkan oleh para pekerja.

“Kami hadir untuk memberi ruang untuk orang-orang seperti Alvin dan pengunjung yang membutuhkan bantuan,” ungkap Julmansyah kepada NTB Satu, Jumat, 20 Mei 2022.

Di dalam Pocadi, Julmanysah tidak melarang para siswa atau pengunjung untuk tidur-tiduran. Ia mempersilakan para siswa untuk bermain sesuka hati mereka. (GSR)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button