Mataram

Minyak Goreng Curah Tersedia di Pasar Induk

Mataram (NTB Satu) – Minyak goreng curah masih tersedia di pasar induk seperti Pasar Bertais Kota Mataram. Sehingga konsumen diharapkan tak khawatir.

Hingga Rabu 23 Maret 2022 dari hasil pantauan pasar, minyak goreng masih tersedia di pedagang-pedagang. Harganya di kisaran Rp19.000/liter dan Rp 20.000 liter.

Kepala Pasar Mandalika, Ismail menegaskan, pasar masih menyediakan salah satu kebutuhan utama yang sekarang masih diributkan di sejumlah daerah karena kelangkaan dan harganya yang tinggi.

Seperti diketahui, pemerintah mencabut batas atas penjualan minyak goreng kemasan maupun HET yang diatur oleh pemerintah. Harga minyak goreng sepenuhnya diserahkan ke harga pasar.

Salah satu penyedia minyak goreng di Kota Mataram, Hakim masih menyebut kesulitan mendapatkan pasokan. Untuk minyak goreng curah, didapati distributor besarnya di Babakan, Kota Mataram tidak menyediakan stok.

“Saya cari ke distributor besarnya. Tidak ada stok minyak goreng curah,” kata Hakim.

Di tingkat distributor besarnya, harga pembelian Rp17.000/liter. Sampai di pasaran, harganya bisa mencapai Rp20.000/liter.

Demikian juga minyak goreng kemasan, setelah HETnya dicabut oleh pemerintah, harganya kini di kisaran 21.000 perliter. Hakim mengatakan, empat kontainer minyak goreng telah dipesan. Satu kontainer berisi 2.400 dus (1 dus 12 liter). Itupun pesanannya dibatasi hanya satu kontainer.

“Kita menyebutnya masih langka minyak goreng ini dan harganya sudah dilepas ke pasaran dengan harga keekonomian. Harganya tergantung keadaan,” demikian Hakim. (ABG)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button