Daerah NTB

Saat Pelabuhan Ditutup, Ketinggian Gelombang di Selat Lombok capai 6 Meter

Mataram (NTB Satu) – Pelabuhan Kayangan, Lombok Timur dan Pelabuhan Lembar Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), ditutup sementara imbas cuaca buruk Jumat, 7 Juli 2023. Ketinggian gelombang di Selat Lombok saat pelabuhan ditutup mencapai 6 meter.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Zainuddin Abdul Madjid (ZAM) menjelaskan bahwa berdasarkan data analisis cuaca kondisi dinamika atmosfer di wilayah NTB, masih menunjukkan adanya potensi pembentukan awan hujan yang cukup intensif dalam beberapa waktu ke depan.

IKLAN

“Kondisi tersebut dipicu karena adanya aktivitas gelombang Kelvin, Rossby Ekuatorial, Madden Julian Oscillation (MJO) karena adanya pertemuan massa udara atau konvergensi. Kondisi labilitas lokal di wilayah NTB yang cukup kuat dengan kelembapan lapisan atas yang cukup basah juga mendukung proses konvenktif pada skala lokal di sebagian besar wilayah NTB,” jelas Plt Kepala BMKG Stasiun Meteorologi ZAM, Herin Hutri, Jumat 7 Juli 2023.

Berdasarkan dari kondisi tersebut, BMKG memperkirakan potensi curah hujan di NTB dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai dengan kilat atau petir dan angin kencang untuk periode 7 hingga 10 Juli 2023.

Baca Juga :

IKLAN
IKLAN
1 2 3Laman berikutnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button