MotoGP

Setelah Kunjungan Presiden, ITDC Kebut Sejumlah Pekerjaan Jelang MotoGP

Mataram (NTB Satu) – Kunjungan Presiden RI Joko Widodo  Kamis  13 Januari 2022 ke Mandalika, menunjukkan dukungan dan perhatian penuh pada penyelenggaraan even MotoGP. Bahkan semakin lengkap dengan perhatian dari Kementerian dan lembaga pemerintah jelang pra Musim MotoGP Februari mendatang.

Setelah kunjungan itu, pihak ITDC mengaku lebih bersemangat dalam mempersiapkan kelengkapan sarana dan prasarana jelang MotoGP.

Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer mengatakan, kunjungan Presiden RI beserta Ibu Negara  serta jajaran menteri,   menunjukkan dukungan dan atensi  penuh RI 1.

“Ini menunjukkan dukungan luar biasa terhadap kesiapan kami dalam menggelar even  akbar tersebut,” kata Abdulbar M. Mansoer.

Apresiasi tinggi juga disampaikan kepada jajaran menteri  yang turut mendukung penuh even tersebut.  Seperti Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Komandan Lapangan MotoGP Mandalika 2022 Hadi Tjahjanto. 

“Ini juga menunjukkan besarnya dukungan kementerian dan lembaga dalam mempersiapkan even,  baik  dari sisi fasilitas fisik maupun organisasi. Hal ini sesuai arahan dari bapak Presiden, agar persiapan  dapat dilakukan dengan baik,” paparanya.

Abdulbar menambahkan, fokus pihaknya saat ini adalah mempersiapkan penyelenggaraan tes pra musim MotoGP dan event MotoGP Februari dan Maret mendatang.

Sejumlah pembenahan dan perbaikan di Pertamina Mandalika International Street Circuit yang menjadi syarat dan prasyarat  homologasi menjelang MotoGP 2022 terus dikerjakan.

“Dengan adanya kunjungan Presiden, kami semakin bersemangat dalam mempersiapkan segala sesuatu dengan sebaik-baiknya,” paparnya.

Sejumlah Pembenahan

Beberapa pekerjaan proyek yang saat ini tengah disiapkan oleh ITDC, antara lain menambah kapasitas penonton sejumlah lebih dari 50.000 seats yang ditargetkan selesai pada bulan Maret 2022, sebelum  perhelatan MotoGP berlangsung.

Kapasitas penonton ini lebih banyak dibandingkan WSBK 2021 guna mengantisipasi animo penonton yang tinggi terhadap event balap berkelas dunia ini.

Selain mengerjakan sejumlah pekerjaan proyek, ITDC Group juga tengah menyiapkan sejumlah  kebutuhan utilitas pendukung penyelenggaraan MotoGP.  Antara lain, penyediaan air bersih dengan  volume 4.800 m3, suplai tenaga listrik untuk sirkuit sebesar 5,19 KVa, penguatan kapasitas ICT  mencapai 1.000 Mbps pada hari balap.

Sebelum meninjau The Mandalika, Presiden Joko Widodo telah melaksanakan simulasi pelaksanaan event MotoGP mencakup persiapan kedatangan kru balap, pembalap, serta penonton, penerapan  protokol kesehatan, simulasi loading unloading barang, kesiapan transportasi  dan akomodasi.

“Kami optimistis persiapan akan berjalan dengan baik dan kita siap menyelenggarakan MotoGP pada  Maret mendatang. Kami percaya even  MotoGP adalah sebuah even  yang penting karena dapat  menjadi simbol kebangkitan ekonomi nasional serta memberikan multiplier effect yang dapat  dinikmati masyarakat,” pungkasnya.  

Presiden Cek Kesiapan

Kunjungan kerja Presiden RI sebelumnya guna memastikan kesiapan Indonesia, khususnya NTB dan The Mandalika  dalam menggelar tes pra  musim MotoGP dan event MotoGP 2022 pada Februari dan Maret mendatang.  

Dalam kunjungan yang diketahui inisiatif Presiden ini, rombongan mengunjungi sejumlah  lokasi di The Mandalika. Seperti Pertamina Mandalika International Street Circuit, Bukit 360, Kuta Beach Park, dan Bazaar Mandalika.

Selama kunjungan, Presiden mendapatkan pemaparan mengenai  progres persiapan yang telah dilakukan oleh ITDC Group bersama pihak-pihak terkait dalam  menyambut perhelatan MotoGP pada Maret 2022 nanti. (HAK)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button