Daerah NTB

Sempat Ragu, Gubernur Pastikan MXGP Digelar di Sumbawa Juni 2022

Mataram (NTB Satu) – “MXGP ini kejuaraan motocross kelas dunia, logistiknya lebih besar dari WSBK dan MotoGP. Nah, ada gak tempat untuk mendaratnya Boeing 777 di Kabupaten Sumbawa dan Bima?, Ternyata belum ada,” kata Gubernur NTB Dr.H Zulkieflimansyah, Selasa 30 November 2021 lalu.

Namun keraguannya itu berubah seiring dengan koordinasi intens dengan pihak penyeleneggara Motocross Grand Prix (MXGP). Penyampaian Rabu 29 Desember 2021, Gubernur NTB tidak hanya optimis, tapi menyampaikan kepastian even motocross elit dunia itu akan digelar di kawasan Samota, Kabupaten Sumbawa pada Buan Juni 2022 mendatang.

IKLAN

Bahkan pada Rabu 29 Desember 2021 sore lalu, Gubernur berada di Jakarta untuk membahas persiapan MXGP tersebut bersama sejumlah pihak.

Gubernur NTB Dr Zulkieflimansyah bersama pengurus IMI Pusat, Happy Harinto (dua dari kanan). Foto : IG @zulkieflimansyah

Di media sosial Instagram-nya, Gubernur menyatakan bahwa Provinsi NTB sudah siap menjadi tuan rumah dua event besar sekaligus, yaitu MotoGP di Sirkuit Mandalika Lombok tanggal 20 Maret 2022 dan event MXGP di Samota Sumbawa tanggal 26 Juni 2022.

“Beberapa kejuaraan juga sedang coba disimulasikan untuk diselenggarakan di Dompu dan Bima. Doakan semua agar lancar dan sesuai dengan rencana,” ujar Gubernur.

Sebelumnya pekan kemarin Gubernur bersama dengan tim MXGP turun langsung melakukan survei ke Samota. Komandan Persiapan gelaran MXGP Pemprov NTB dr Lalu Herman Mahaputra mengatakan, dilihat dari kontur demografinya untuk menjadi sebuah sirkut MXGP, Sumbawa lebih memungkinkan.

IKLAN

“Cuma nanti akan didiskusikan lebih lanjut terkait dengan persiapan akomodasi dan transportasinya. Saya pikir ini ada solusi, bisa diatasi,” kata Dokter Jack- sapaan Lalu Herman Mahaputra – sebagaimana dilansir Suara NTB 29 Desember 2021.

Seperti diketahui, MXGP adalah ajang balap motocross paling elit di dunia. Sama seperti MotoGP, balapan ini juga berada di bawah naungan FIM (Federation Internationale de Motocysclisme).

Diperkirakan sebanyak 300 ribu penonton akan menyaksikan langsung event ini, sehingga mampu mendongkrak aktivitas perekonomian masyarakat. (ZSF)  

IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button