Daerah NTB

PNM Diminta Dukung Modal UMKM Lokal Sambut WSBK dan MotoGP

Mataram (NTB Satu) – Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah, meminta PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Persero membantu UMKM di sekitar lingkar KEK Mandalika. Ini demi kesiapan pengusaha mikro lokal untuk menyambut perhelatan World Super Bike (WSBK) dan MotoGP.

“Bukan hanya pelatihan dan bimbingan untuk pelaku usaha namun harus didukung dengan permodalan,”kata Doktor Zul saat menerima perwakilan PT. Permodalan Nasional Madani (PNM), Sunar Basuki, Selasa (5/10) di Ruang Kerja, Pendopo Gubernur.

IKLAN

Harapannya, pelaku usaha siap secara produk dan SDM menyambut ribuan tamu yang datang selain modal demi keberlangsungan usaha,  tempat untuk berjualan maupun tata cara menyambut dan memperkenalkan produk berikut kemasannya secara komersial. 

Gubernur NTB Dr Zulkieflimansyah saat serah terima pelakat dengan Direktur Kelembagaan dan Perencanaan, PT. PNM, Sunar Basuki. (NTB Satu / Diskominfotik)

Gubernur juga berharap PT. PNM bersinergi dengan Kementerian terkait dan OPD dalam mengklasifikasi kelompok dan UMKM yang telah mendapatkan bantuan agar tak tumpang tindih dalam pengelolaan. 

Direktur Kelembagaan dan Perencanaan,  PT. PNM, Sunar Basuki, menjelaskan, keberadaan PNM di NTB telah ada 421.000 nasabah. Pola pemberian modal kepada perseorangan yang sudah tergabung dalam kelompok berjumlah 15-20 anggota dan modal yang diberikan antara 2 juta hingga 9 juta rupiah,  jika usahanya terus berkembang.

“Siapapun bisa memperoleh pinjaman ini, dan kami punya pendamping hingga di desa-desa se NTB,”jelasnya.

IKLAN

Hingga saat ini, ada 2.000 pendamping di NTB, sedangkan ada 50.000 pendamping se Indonesia. 

Selain memberikan pembiayaan usaha, PNM juga memberikan pendampingan dan pelatihan usaha secara reguler dan berkelanjutan, sesuai dengan kebutuhan nasabah sehingga usaha yang dijalankan dapat berkembang dan naik naik kelas.

Permodalan Nasional Madani juga memilki satu unit usaha yang dinamakan Mekar dalam membina ekonomi keluarga sejahtera untuk memberikan biaya permodalan dan pendampingan. Termasuk disekitar KEK Mandalika sudah dilakukan kepada masyarakat sekitar. 

Jajaran PT. PNM juga dihadiri oleh Kepala Divisi Hubungan Kelembagaan, Kepala Divisi Portofolio Mekaar, Pemimpin Cabang PNM Wilayah NTB dan Regional Manager PNM yg membawahi wilayah NTB. Turut mendampingi Gubernur, Kadiskop UMKM, Kadis Perindustrian, Kadis Perdagangan, Kadis Sosial, Karo ekonomi Setda Provinsi NTB dan Baznas NTB. (red)

IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button