ADVERTORIALPemerintahan

Tim Penyuluh Bapeltanbun NTB Kunjungi Kelompok Tani Subur Makmur

Mataram (NTBSatu) – Tim Penyuluh Bapeltanbun NTB mengadakan kunjungan lapangan di Kabupaten Lombok Tengah untuk memonitor pelaksanaan program Climate Smart Agriculture (CSA) di kelompok tani Subur Makmur.

Dalam kegiatan Rabu, 9 Oktober 2024 ini turut hadir Kepala BPP Praya, Penyuluh BSIP NTB, Penyuluh Lapangan Kelurahan Gerunung. Kemudian para petani dan mahasiswa Hubungan Internasional (HI) Universitas Mataram (Unram).

Monitoring ini merupakan bagian dari tugas penelitian mahasiswa HI Unram. Tujuannya untuk mengevaluasi peran World Bank dalam memastikan ketahanan pangan melalui program CSA SIMURP.

IKLAN

Program SIMURP sendiri merupakan hasil kerja sama antara Pemerintah Indonesia dengan World Bank (WB) dan Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB).

Selain monitoring CSA, kegiatan ini juga mencakup pendampingan Perluasan Areal Tanam (PAT) di kelompok tani Subur Makmur. Dalam kunjungan tersebut, petani melaporkan jika tanaman padi varietas Inpari 32 yang ditanam berumur 43 hari setelah tanam (hst).

“Dan masih menunggu jadwal pengairan yang diperkirakan akan dilakukan dalam waktu lima hari ke depan,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan NTB, Muhammad Taufiek Hidayat.

Tim juga melakukan koordinasi dengan Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Tengah terkait dengan Luas Tambah Tanam (LTT) padi musim tanam 2024/2025.

Selain itu, turut hadir Kabid Penyuluhan dan penyuluh dari kabupaten setempat. Mereka membahas lokasi pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) CSA.

“Rencananya yang akan melaksanakan adalah Bapeltanbun NTB,” jelasnya. (*)

IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button