INTERNASIONAL

Wasit Ahmed Al Kaf Disanksi AFC Usai Pertandingan Indonesia vs Bahrain

Lombok Timur (NTBSatu) – Wasit asal Oman, Ahmed Al Kaf, menjadi sorotan usai memimpin pertandingan antara Tim Nasional Indonesia melawan Bahrain dalam lanjutan turnamen kualifikasi piala dunia 2026.

Pertandingan yang berlangsung sengit itu diwarnai sejumlah keputusan kontroversial dari Al Kaf. Sehingga, membuatnya menjadi pusat perhatian, terutama dari para pendukung Indonesia.

Pada babak kedua injury time sedang berlangsung, di mana ada tambahan 6 menit. Sehingga seharusnya laga malam itu selesai di menit ke-96. Skor kemenangan 2-1 saat itu Indonesia unggul. 

IKLAN

Namun hingga menit ke-99, Al Kaf tak kunjung meniupkan peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan. Hal itu membuat Bahrain yang tertinggal dari Indonesia, justru melesatkan satu gol tambahan dan membuat skor imbang hingga akhir pertandingan. 

Kepemimpinan wasit yang penuh kontroversi itu pun membuat pemain hingga netizen Indonesia geram. Imbasnya, akun Instagram milik Al Kaf hilang dari jagat maya. Bahkan, informasi mengenai sang wasit juga berubah menjadi kata-kata makian di laman Wikipedia.

Tanpa berselang lama, salah satu media Oman, Info Sport, melaporkan Al Kaf sudah dapat hukuman. 

“Menurut salah satu sumber pribadinya, Ahmed Al Kaf tidak mendapat izin memimpin pertandingan antara Al Ain dan Al Hilal di AFC Champions League Elite pada 21 Oktober 2024,” tulis Info Sports, melalui akun X-nya, @Info_sports2. 

Kabarnya, Wasit asal Malaysia, Muhammad Nazmi Nasaruddin menggantikan posisi Al Kaf dalam laga tersebut. 

Tidak ada keterangan pasti mengenai sanksi Al Kaf. Namun infonya, pergantian itu karena besarnya tekanan publik kepada Al Kaf dan AFC. 

Keputusan ini mendapat sambutan positif dari berbagai pihak di Indonesia, yang merasa tindakan ini membuktikan bahwa federasi sepak bola Asia tidak segan-segan menindak wasit yang dianggap tidak netral. 

Pertandingan Indonesia vs Bahrain memang menjadi salah satu laga penting bagi Timnas Indonesia untuk dapat berlaga di Piala Dunia 2026. (*)

IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button