Politik

Dampak Ekonomi Event MXGP hingga Puluhan Miliar, Bang Zul Pastikan MXGP Berlanjut

Mataram (NTBSatu) – Gubernur NTB periode 2018-2024, Dr. H. Zulkieflimansyah alias Bang Zul menjadi gubernur inisiator penyelenggaraan balap motorcross kelas dunia, MXGP. Mewujudkan NTB sebagai destinasi wisata olahraga atau sport tourism.

Pada tahun 2023 lalu, NTB menyelenggarakan secara perdana dua seri MXGP, di Sirkuit Samota Sumbawa, dan Sirkuit Selaparang.

Tahun 2024, NTB kembali menyelenggarakan dua seri MXGP di eks Bandara Selaparang, Rembiga, Kota Mataram. Yakni, pada tanggal 29 dan 30 Juni 2024, dan tanggal 6-7 Juli 2024.

Koordinator Relawan Zul-Uhel, Karman BM mengatakan, MXGP merupakan salah satu event besar olahraga yang pernah diselenggakan di NTB. Penyelenggaraan MXGP Tahun 2023 memberikan dampak nilai produksi daerah NTB. Sebagaimana hasil perhitungan Badan Pusat Statistik (BPS).

Saat MXGP, lima lapangan usaha mengalami peningkatan nilai produksi tertinggi akibat Penyelenggaraan MXGP Tahun 2023. Di antaranya, Konstruksi, Industri Pengolahan, Penyediaan Akomodasi dan Makan Minum, Transportasi dan Pergudangan, dan Perdagangan Besar dan Eceran; Reparasi Mobil dan Sepeda Motor.

“Lima lapangan usaha tersebut mengalami peningkatan nilai produksi 107,80 persen dari total output yang tercipta. Selanjutnya, dampak produksi domestik dari penyelenggaraan MXGP 2023 paling besar ada pada lapangan usaha Konstruksi,” kata Karman.

Penyelenggaraan MXGP Tahun 2023 di Samota dan Selaparang memberikan dampak nilai produksi berturut-turut sebesar Rp35,63 miliar terhadap Kabupaten Sumbawa dan Rp85,17 miliar terhadap Kota Mataram.

“Belum termasuk dampak lain dari para Pedagang Kaki Lima (PKL) dan para pedagang asongan dadakan,” ujarnya.

Zul-Uhel Komitmen Lanjutkan MXGP

Secara umum, MXGP dianggap sebagai ajang yang mampu mendongkrak perekonomian daerah. Acara ini menarik banyak wisatawan, baik domestik maupun mancanegara, yang berdampak positif pada sektor pariwisata, perhotelan, dan UMKM.

Karena itu, Karman menegaskan kembali, pada Pemilu 2024 ini, Dr. Zulkieflamansyah kembali mencalokan diri sebagai Gubernur NTB periode kedua, berdampingan dengan mantan Bupati Lombok Tengah dua periode, H. Suhaili FT.

“Mendapat nomor urut 02, pasangan Zul-Uhel berkomitmen meningkatan pembangunan sarana prasarana olahraga. Serta komitmen untuk konsisten menyelenggarakan event internasional MXGP di dalamnya, sebagaimana tertuang dalam 12 Program Unggulan Zul-Uhel. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button