BERITA NASIONALBREAKING NEWS

Prabowo-Gibran Resmi Dilantik Jadi Presiden dan Wakil Presiden

Mataram (NTBSatu)Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka (Prabowo-Gibran) resmi dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2024—2029 di Gedung Nusantara, kompleks parlemen, Jakarta, Minggu, 20 Oktober 2024.

Pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih pada Pilpres 2024 tersebut dilantik oleh Ketua MPR RI, Ahmad Muzani.

Acara pelantikan mulai pukul 10.00 WIB dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin menghadiri sidang paripurna tersebut.

Kemudian, Jokowi dan Ma’ruf serta Prabowo dan Gibran pun bertukar tempat duduk setelah prosesi pelantikan selesai.

Acara berlanjut dengan pidato pertama presiden ke-8 Republik Indonesia, Prabowo Subianto.

Hadir pada acara tersebut anggota DPR RI, DPD RI, para pejabat tamu undangan, serta masyarakat tanah air. Selanjutnya, hadir pula tamu kenegaraan dari negara-negara sahabat.

Sebagai informasi, pada 24 April 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih hasil Pilpres 2024.

Dalam Pilpres 2024 terdapat tiga pasangan calon, yakni, pasangan nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. Kemudian, pasangan nomor urut 2 Prabowo-Gibran. Dan pasangan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

Penetapan tersebut tertuang dalam Berita Acara Nomor 252/PL.01.9-BA/05/2024 tentang Penetapan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Terpilih dalam Pemilihan Umum Tahun 2024.

Prabowo-Gibran berhasil meraup 96.214.691 suara atau 58,59 persen dari total suara sah nasional. Keduanya berhasil memenuhi sedikitnya 20 persen suara tiap setiap provinsi yang tersebar pada 38 provinsi di Indonesia. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button