ADVERTORIALDaerah NTB

Bang Zul Target NTB Jadi Pusat Embarkasi Haji Terbesar di Wilayah Indonesia Timur

Mataram (NTBSatu) – Calon Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah menargetkan Provinsi NTB punya embarkasi haji tersendiri.

Hal ini tertuang di dalam salah satu visi misi Zulkieflimansyah – Suhaili FT, karena relevan dengan tingginya minat haji di NTB.

Visi misi tersebut, tertuang dalam poin ketiga ekosistem haji, umrah dan halal hub Indonesia.

IKLAN

“Bang Zul sudah bertemu dengan investor yang siap untuk investasi embarkasi di NTB,” kata Ketua Tim Pemenangan Zul – Uhel, Sembirang Ahmadi, Senin 14 Oktober 2024.

Beberapa infrastruktur yang siap dibangun, seperti hotel yang representatif. Karena untuk menampung jemaah haji dan umroh yang mencapai 7000 orang per bulan, butuh penginapan memadai.

“Karena mereka akan transit di embarkasi sebelum keberangkatan,” ujar politisi PKS yang juga Anggota DPRD NTB ini.

Selain itu, Ia juga akan membangun Grand Bazaar yang banyak menampung produk produk asli dari Makkah. Sehingga tidak perlu membawa barang oleh oleh dari Makkah, tapi bisa dapat di Bazaar.

Visi Bang Zul ini sangat relevan dengan infrastruktur yang ada di NTB. Salah satunya, aksesibilitas dengan keberadaan Bandara Internasional Lombok. Sehingga dari NTB setiap bulan bisa direct fight atau penerbangan langsung dari Lombok ke tanah suci Makkah, tanpa harus menunggu musim haji.

NTB memang saat ini berada di atas angin untuk penyelenggaraan Haji. Karena sebelumnya, NTB pernah mendapat peringkat tiga terbaik secara nasional.

Tidak hanya untuk NTB

Jika embarkasi ini terwujud, tidak hanya mengakomodir kebutuhan haji NTB, tapi wilayah Indonesia Timur. Mulai dari Bali, NTB, NTT dan Makassar.

Saat ini, ada 14 embarkasi ibadah haji 2024 tersebar di sejumlah wilayah di Indonesia. Termasuk di Lombok.

Di antaranya BTJ (Banda Aceh), KNO (Kualanamu), PDG (Padang), BTH (Batam), PLM (Palembang), JKG (Jakarta Pondok Gede), dan JKS (Jakarta Bekasi).

Kemudian, ada embarkasi SOC (Solo), SUB (Surabaya), BDJ (Banjarmasin), BPN (Balikpapan), UPG (Ujungpandang), LOP (Lombok), dan KJT (Kertajati).

Jika terwujud, maka status embarkasi di Lombok akan meningkat. Hal ini akan sejalan dengan keinginan Bang Zul menjadikan NTB semakin hidup perekonomian melalui investasi.

“Apalagi jelas efeknya, UMKM akan bertumbuh seperti jamur ketika investasi sebesar ini akan hadir di NTB,” pungkasnya. (*)

IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button