Kota MataramPolitik

Bawaslu Kota Mataram Awasi Ketat Proses Rekrutmen KPPS

Mataram (NTBSatu)Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Mataram melakukan pengawasan terhadap proses rekrutmen Kelompok Penyelenggara Pemungutan suara (KPPS) untuk penyelenggaraan Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Mataram 2024.

Kebutuhan anggota KPPS Pilkada 2024 sebanyak 4.067 orang. Rekrutmen tersebut saat ini sedang dilakukan KPU Kota Mataram sejak 17 – 28 September 2024.

Ketua Bawaslu Kota Mataram, Muhammad Yusril mengatakan, yang menjadi fokus pengawasannya adalah calon KPPS yang masuk ke dalam Sistem Informasi Partai Politik atau Sipol.

IKLAN

“Kami telah menginstruksikan seluruh jajaran untuk melakukan pengawasan terhadap proses rekrutmen KPPS itu melalui Panwascam di tingkat Kecamatan dan Pengawas di tingkat kelurahan,” ujarnya, Jumat, 27 September 2024.

Pihaknya telah melakukan koordinasi dengan KPU Kota Mataram untuk memastikan tahapan penerimaan anggota KPPS melalui proses seleksi secara ketat. Dengan melakukan pelacakan (tracking) terhadap orang-orang yang mendaftar. Kemudian, memastikan mereka bukan anggota partai atau calon legislatif.

Sebagai informasi, KPPS Pilkada bertugas selama kurang lebih satu bulan, terhitung mulai 7 November sampai 8 Desember 2024. Adapun KPPS Pilkada akan mengawal seluruh proses pemungutan suara di TPS.

Sebagai informasi, Pilwalkot Mataram berlangsung pada 27 November 2024. Terdapat dua paslon yang akan bertarung. Mereka adalah pasangan Mohan Roliskana – TGH Mujiburrahman (Harum) dan Lalu Aria Dharma dan Weis Arqurnain (Aqur).

Pasangan Harum mendapat dukungan dari enam partai politik pengusung, yakni Partai Gerindra, PDIP, Golkar, NasDem, Demokrat, dan PKB. Sementara pasangan Aqur didukung empat partai politik pengusung, yaitu PKS, PAN, Hanura, dan PPP. (*)

IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button