Kota Mataram

1.926 Pelamar CPNS Kota Mataram Lolos Seleksi Administrasi

Mataram (NTBSatu) – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Mataram mencatat, sebanyak 1.926 Pelamar CPNS Formasi Kota Mataram lolos tahap seleksi administrasi.

Kepala BKPSDM Kota Mataram, Taufik Priyono menerangkan, pihaknya telah menerima ratusan sanggahan yang masuk.

“Hasilnya, 18 sanggahan kami terima dan 94 sanggahan kami nyatakan ditolak,” ujarnya pada NTBSatu, Jumat, 27 September 2024.

IKLAN

Usai BKPSDM Kota Mataram melakukan proses verifikasi, 244 pelamar dinyatakan tidak lulus seleksi administrasi atau Tidak Memenuhi Syarat (TMS). Dari jumlah tersebut, 112 pelamar mengajukan sanggahan. Sedangkan 226 pelamar lainnya TMS.

Taufik mengungkapkan, pelamar CPNS mengajukan sanggahan dengan berbagai alasan. Salah satunya, ketidaksesuaian jurusan dengan persyaratan formasi.

“Sebagai contoh, banyak pelamar dengan kualifikasi sarjana jurusan hukum Islam, perdata, pidana dan tata negara. Sedangkan yang tertera pada persyaratan kualifikasi pendidikan S-1 Hukum. Namun, kami pertimbangkan untuk semua program studi hukum itu memenuhi syarat juga,” jelasnya.

Sementara untuk ratusan pelamar lainnya yang tak memenuhi syarat, karena mereka mengunggah fotokopi ijazah dan transkrip nilai yang tidak sesuai dengan persyaratan.

“Padahal, sesuai permintaan kan harus dokumen asli. Bukan dalam bentuk fotokopi,” imbuhnya.

Kemudian, tidak sesuai dengan kualifikasi pendidikan yang menjadi syarat formasi. Selanjutnya, akreditasi perguruan tinggi, dan program studi (prodi) tidak sesuai tahun kelulusan.

“Ada juga karena kesalahan lain, misalnya surat lamaran tidak tertuju kepada Wali Kota Mataram,” bebernya.

Sebelumnya, penutupan pendaftaran seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS Kota Mataram berlangsung Selasa, 10 September 2024 pukul 24:00 Wita. BKPSDM Kota Mataram mencatat sebanyak 2.2161 pelamar telah mendaftar. (*)

IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button