ADVERTORIAL

HM Rum Rancang Pembangunan Kampus Satelit ITS di Kota Bima

Kota Bima (NTBSatu) – Menindaklanjuti rencana kerjasama antara Pemerintah Kota Bima dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS), Penjabat (Pj) Wali Kota Bima, H. Mohammad Rum hadiri rapat bersama secara daring pada Kamis, 18 Juni 2024.

Adapun yang dibahas dalam rapat tersebut yaitu terdapat dua poin, yakni peluang pengembangan blue ekonomi dengan intervensi blue teknologi dan peningkatan SDM Kota Bima.

Dalam hal ini H. Rum, menekankan hasil diskusi di ITS, bahwa pemda siap menyediakan lahan untuk pengembangan kampus satelit ITS, seluas 30 Ha, berdampingan dengan lahan yang disediakan untuk pembangunan kampus IAIN.

IKLAN

Kampus satelit tersebut akan dilengkapi dengan beberapa laboratorium lapangan sesuai kebutuhan kota bima dan sekitarnya, juga akan dilakukan upgrading pelabuhan kota bima sebagai hub logistik dan pemeliharaan kapal sekala kepulauan sunda kecil (Bali, NTB dan NTT) menggandeng ITS kampus satelit teknologi dan galangan kapal.

Rapat bersama menindaklanjuti rencana kerjasama antara Pemerintah Kota Bima dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS), Foto: Istimewa

Hal ini mengingat bahwa pertumbuhan ekonomi dan PAD di Kota Bima hanya dapat diraih signifikan dengan cara menghadirkan industri di Kota Bima. 

Oleh karena itu diperlukan pengembangan ekosistem investasi yg ramah lingkungan dan bisa menyedot tenaga kerja setempatat, khusus kalangan muda.

IKLAN

Guna mendukung itu, perlu dilakukan  pengembangan dan peningkatan SDM, masterplan yang menyeluruh menyangkut pula drainase dan penangan banjir, industri hijau seperti Sorgum, indusustri biru, seperti rumput laut, garam dan sejenisnya, perintisan energi bersih.

Disepakati rapat ini akan ditindaklanjuti dengan kunjungan lapangan langsung Tim ITS guna mendapat gambaran yang lebih kongret untuk penyusunan masterplannya direncanakan pihak ITS akan hadir ke Kota Bima pada tanggal 2 Agustus 2024 mendatang.

IKLAN

Tentu hal tersebut disambut baik oleh Pj. Wali Kota Bima. Ia berharap kerjasama ini dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta pengembangan SDM yang berkualitas di Kota Bima. (AR/*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button