BERITA NASIONALINTERNASIONALOlahraga

Lolos Ronde Tiga Kualifikasi Piala Dunia, Timnas Indonesia Masuk Pot 6 Berpeluang Hadapi Jepang dan Korsel

Mataram (NTBSatu) – Sejarah baru saja terukir. Timnas Indonesia yang notabene bukan tim yang diunggulkan, tampil energik di ronde dua kualifikasi Piala Dunia Zona Asia.

Tim asuhan Shin Tae Yong pelatih syarat pengalaman asal Korea Selatan itu, berhasil membuat analisa para pengamat meleset sangat jauh. Bagaimana tidak, Vietnam yang dijagokan akan membersamai Timnas Iraq harus angkat koper melihat Tim Garuda melenggang mulus ke puncak capaian Timnas Indonesia.

Perjuangan Marcelino dan kawan-kawan untuk menatap panggung Piala Dunia 2026 yang diselenggarakan di Amerika Serikat, Kanada, dan Mexico, membuat haru masyarakat seantero negri. Laga pamungkas menghadapai tim Asean lainnya Filipina berhasil dimenangkan dengan skor 2-0. Dan memastikan satu tempat di Ronde tiga.

Dalam situs resmi Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia yang dipantau media ini, Indonesia diprediksi akan menempati pot ke enam bersama dengan Korea Utara dan Kuwait.

Delapan belas negara yang lolos ke Ronde tiga menurut regulasi akan dibagi kembali menjadi tiga grup. Dan sebelum undian babak grup semua negara akan dibagi kedalam enam pot dengan tiga negara didalamnya.

Menurut aturan, penentuan pot tergantung dari rangking FIFA. Mulai dari pot 1 yang dinilai paling tinggi rangkingnya hingga pot enam yang memiliki capaian rendah di perengkingan.

Dalam kalkulasi sementara, Jepang (18), Iran (20), dan Korea Selatan (23) akan berpeluang menempati pot pertama. Sebab ketiga negara merupakan negara dengan posisi tertinggi dirangking FIFA Zona Asia. Satu dari Tiga negara itu akan berpeluang berhadapan dengan Indonesia dengan berada di group yang sama nantinya.

Inilah kemungkinan besar negara dengan pot masing-masing menurut rangking FIFA.
POT 1:

  1. Jepang (18)
  2. Iran (20)
  3. Korea Selatan (23)

POT 2:

  1. Australia (24)
  2. Qatar (34)
  3. Saudi Arabia (53)

POT 3:

  1. Iraq (58)
  2. Uzbekistan (64)
  3. UAE (67)

POT 4:

  1. Jordan (71)
  2. Oman (77)
  3. Bahrain (80)

POT 5:

  1. China (88)
  2. Palestina (93)
  3. Kyrgyzstan (100)

POT 6:

  1. Korea Utara (118)
  2. Indonesia (134)
  3. Kuwait (139)

Dari situs resmi FIFA, Drawing akan dilakukan pada tanggal 27 Juni mendatang. Dan pelaksanan Ronde tiga akan dimulai pada September 2024 dengan laga 10 kali match setiap negara. Dan dua negara teratas di masing-masing group akan lolos langsung ke putaran final Piala dunia.

Sedangkan peringkat tiga dan empat harus melakoni laga ronde ke empat dengan beain ditempat netral untuk memperebutkan dua tiket tersisa. (ADH)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button