BERITA LOKALHEADLINE NEWSPolitik

H. Iron dan Edwin Raih Popularitas Tertinggi Survei Presisi untuk Pilkada Lombok Timur

Mataram (NTBSatu) – H. Haerul Warisin memimpin hasil survei popularitas sebagai Bakal Calon Bupati Lombok Timur berdasarkan hasil riset lembaga survei Prediksi Survei dan Statistik Indonesia (Presisi). Politisi Partai Gerindra ini berada di puncak dengan hasil survei 62 persen.

Sementara popularitas tertinggi untuk Bakal Calon Wakil Bupati Lombok Timur ditempati Edwin Hadi Wijaya dengan capaian 33,60 persen. Keduanya kebetulan dalam kontestasi Pilbup Lombok Timur berpasangan.

Sementara H. Iron – sapaan Haerul Warisin – pada survei terbaru kali ini, unggul dari bakal calon competitornya yang lain.

Posisi kedua ditempati oleh Muhammad Luthfi dengan torehan popularitas 55,5 persen, disusul H. Rumaksi 52,3 persen dan Tanwirul Anhar 17 persen.

Berturut turut pada urutan berikutnya, H. Nasruddin 16,6 persen, politisi PKS Suryadi Jaya Purna 12 persen, serta Lalu Satriadi menempati posisi terakhir dengan raihan angkan 10 persen (data pada slide).

Sumber Data: Presisi Indonesia

Menurut Manajer Riset dan Statistik Presisi, Dr. Candra, M.Pd posisi popularitas H. Iron berbanding lurus dengan tingkat popularitasnya yang tinggi. H. Iron berada pada posisi teratas dengan raihan angka 62 persen dengan gap yang yang cukup lebar dengan bakal calon competitor yang lain seperti H.Muhammad Luthfi 55,50 persen.

“Faktor liniernya popularitas H. Iron karena massifnya sosialiasi secara visual, lewat baliho dan tingkat aktifnya ke masyarakat. Terlebih saat ini dia adalah anggota DPRD aktif dan dia pernah jadi Wakil Bupati Lombok Timur. Ini adalah investasi sosial yang sudah terbangun dari H. Iron,” kata Candra.

Popularitas H. Iron disusul H. Rumaksi dengan raihan 55,50 persen, H. Tanwirul Anhar 17 persen, H. Nasruddin 16,6 persen, H. Suryadi Purnama 12 persen dan Lalu Satriadi di posisi buncit 10 persen.

Sementara itu posisi popularitas Bakal Calon Wakil H. Edwin Hadiwijaya berada pada
posisi teratas. Tingkat popularitas dan 33,6 persen tingkat diikuti oleh 12 bakal calon wakil lainnya (Data di slide).

Sumber data: Presisi Indonesia

Faktor tingginya popularitas hampir serupa dengan H. Iron. Keduanya bergerak dan mempersiapkan diri selama hampir dua tahun. “Sepertinya Edwin sudah mempersiapkan diri jauh jauh hari. Timnya juga terlihat bergerak massif,” ujar dosen Universitas Muhammadiyah Mataram (Ummat) ini.

Sementara metodologi survei menggunakan pola multistage random sampling, dengan jumlah responden 440 orang. Metodenya menggunakan wawancara tatap muka menggunakan kuesioner. “Periode pengumpulan data dan pengolahan mulai Tanggal 25 Mei – 4 Juni 2024,” pungkas Candra. (ADH)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button