BREAKING NEWS

Protes Kenaikan UKT, Sejumlah Mahasiswa Unram Mogok Kuliah Hari Ini

Mataram (NTBSatu) – Sejumlah mahasiswa kampus negeri di seluruh Indonesia menggelar aksi solidaritas mogok kuliah, Senin, 27 Mei 2024. Aksi ini digelar sebagai bentuk protes naiknya Uang Kuliah Tunggal (UKT) bagi mahasiswa baru 2024.

Berdasarkan pantauan NTBSatu di Universitas Mataram (Unram) pagi ini, suasana kampus memang sedikit lebih sepi dibandingkan hari Senin biasanya. Beberapa ruangan di sejumlah fakultas juga tampak tidak ada kegiatan perkuliahan, padahal pada jam tersebut seharusnya ada jadwal kuliah.

Koordinator Pusat Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI), Herianto yang juga Ketua BEM Unram 2024 mengatakan, aksi mogok kuliah nasional merupakan salah satu aksi dari gerakan BEM SI dalam menyikapi isu kenaikan UKT.

“Kami melihat setelah adanya pemanggilan Mendikbudristek, Pak Nadiem oleh Komisi X DPR RI hingga saat ini, belum terlihat keseriusan Kemendikbudristek akan merevisi aturan kenaikan UKT, yakni Permendikbudristek Nomor 2 Tahun 2024,” jelasnya, dihubungi NTBSatu hari ini.

IKLAN

“Saat Rapat Kerja dengan Komisi X DPR RI pada Selasa, 21 Mei 2024, Pak Nadiem juga bukan hadir untuk menjawab pertanyaan kami sebagai mahasiswa. Hadirnya hanya untuk klarifikasi bahwa peraturan tersebut memang harus direvisi,” tegas Herianto.

Sehingga, pihaknya sesuai dengan hasil konsolidasi yang dilakukan, gerakan mengawal isu kenaikan UKT akan terus hidup. Salah satunya, dengan gerakan aksi mogok nasional yang serentak digelar hari Senin ini.

“Kita instruksikan kampus-kampus yang tergabung dalam BEM SI dan lembaga yang hadir di konsolidasi untuk menggelar aksi solidaritas mogok kuliah serentak seluruh Indonesia,” ungkapnya.

Berita Terkini:

“Termasuk di Unram, dari informasi yang saya terima banyak teman-teman mahasiswa tidak masuk kuliah hari ini dan beberapa ruangan kuliah pada kosong,” tambah Herianto.

Diterangkannya, aksi mogok kuliah ini menjadi iktikad dari gerakan Aliansi BEM SI agar pemerintah benar-benar serius membenahi sistem pendidikan Indonesia, khususnya pendidikan tinggi.

Gerakan ini pun tak hanya berhenti dengan aksi mogok kuliah hari ini. Selanjutnya, Aliansi BEM SI akan menggelar aksi nasional dan daerah secara serentak.

“Besok atau hari Rabu, kita akan konsolidasi nasional, kemudian menggelar aksi nasional dan daerah serentak sesuai dengan kesepakatan konsolidasi,” tandas Herianto.

Sebagai infromasi, Unram juga menaikkan tarif UKT bagi mahasiswa baru 2024. Kenaikannya terjadi pada UKT Golongan III, awanyal Rp1.650.00 menjadi Rp2.300.00 untuk jurusan Sosial dan Humaniora (Soshum).

Jurusan Sains dan Teknologi (Saintek) Rp1.950.00 menjadi Rp2.500.00, dam program studi S1 Ilmu Tanah Fakultas Pertanian Rp2.150.00 menjadi Rp2.500.000. (JEF)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button