Daerah NTB

Hilal 1 Syawal 1445 H Tidak Terlihat di NTB Meski secara Hitungan Tinggi

Mataram (NTBSatu) – Hilal 1 Syawal 1445 H tak terlihat di NTB. Hal ini disebabkan akibat cuaca yang berawan di lokasi pemantauan, yakni Pantai Loang Baloq, Kecamatan Sekarbela, Kota Mataram, pada Selasa, 9 April 2024 sore.

Padahal secara hisab (perhitungan), ketinggian hilal di Kota Mataram telah berasa di atas ufuk dengan ketinggian 5 derajat 36,62 menit dan sudut elongasi 9 derajat 20,08 menit.

“Pada pengamatan hilal kali ini, didapat elongasi bulan 5 derajat dan 27 menit. Namun, karena cuaca cukup berawan, hilal tidak bisa terlihat hingga akhir pemantauan,” jelas Staf Pengamat BMKG Stasiun Geofisika Mataram, Deni Valeri Siregar, Selasa petang, 9 April 2024.

Pihaknya telah berupaya sejak sore hari membidik matahari dan ketika petang beralih fokus pada bulan untuk medapatkan hilal. Hanya saja, belum dapat terlihat karena cuaca berawan.

Deni menegaskan, kendala tidak terlihatnya hilal 1 Syawal 1445 H di NTB hari ini murni akibat cuaca yang berawan.

Berita Terkini:

“Kalau dari alat tidak ada kendala sama sekali. Karna alat yang diturunkan ini dapat terbilang sudah cukup canggih,” tambahnya.

Meski tidak terlihat di NTB, dirinya tetap optimis hari raya Idulfitri tahun ini jatuh pada esok hari, 10 April 2024.

“Sejauh ini kami optimis karena berdasarkan penghitungan telah memenuhi kriteria MABIMS (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura),” ujar Deni.

“Apalagi berdasarkan informasi dari teman-teman Stasiun Geofisika Manado dapat terlihat dengan ketinggiah 6 derajat,” pungkasnya. (JEF)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button