BERITA LOKALHukrim

Kondisi Kapal dan Pospam di Pelabuhan Lembar Diperiksa Kapolda NTB

Mataram (NTBSatu) – Polda NTB melakukan pengecekan posko keamanan dan kesiapan armada kapal Ferry di Pelabuhan Lembar, Lombok Barat, Rabu, 3 April 2024.

Pengecekan tersebut untuk memastikan kondisi kapal yang akan beroperasi pada mudik Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah.

Selain memantau posko keamanan, Kapolda juga mengecek lokasi pemeriksaan kesehatan di Pelabuhan Lembar.

“Kita juga minta kepada semua kru dari anak buah kapal (ABK) diperiksa kesehatannya sebelum memberikan pelayanan selama mudik lebaran ini,” kata Kapolda NTB, Irjen Pol Raden Umar Faroq.

Raden Umar meminta seluruh nahkoda dan ABK yang bertugas agar memberikan layanan rasa aman kepada seluruh penumpang yang melaksanakan mudik.

Berita Terkini:

“Agar masyarakat merasa aman, nyaman, dan tidak merasa khawatir,” paparnya.

Hasil koordinasi kepolisian dengan BMKG, sambung Kapolda, kondisi gelombang pasang pada mudik Lebaran Idul Fitri pada Sabtu, 6 April 2024 hingga Selasa, 9 April 2024, gelombang di Selat Lombok berada pada ketinggian 1,5-2 meter.

“Gelombang laut cukup aman dan masih aman untuk melakukan pengangkutan penumpang. Baik dari Bali dan Situbondo,” katanya.

Sementara General Manager Angkutan Sungai, Danau, dan Penyebrangan (ASDP), Agus Djoko mengatakan, pihaknya telah menambah armada kapal untuk layanan mudik libur lebaran Idulfitri 2024.

Hasil pantauan petugas ASDP, hingga H-7 lebaran belum ada peningkatan jumlah penumpang. Karena itu, puncak arus mudik diprediksi terjadi pada H-4 dan H-3 lebaran.

“Selama hari itu ada potensi peningkatan pemudik secara signifikan,” jelasnya.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang lintas jalur Pelabuhan Lembar – Padangbai, ASDP menambah 7 armada kapal dari 23 jumlah kapal di Pelabuhan Lembar.

“Sekarang total 23 kapal 3 kapal masih menjalani docking tahunan,” bebernya.

Sementara untuk kapal yang mengangkut penumpang dari Pelabuhan Lembar menuju Jangkar, Situbondo disiapkan 4 kapal. (KHN)

IKLAN
IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button