BERITA LOKALPendidikan

Sekolah Maraton Persiapkan US Senin Depan

Mataram (NTBSatu) – Siswa kelas XII jenjang SMA di NTB akan segera mengikuti ujian sekolah pada tanggal 18 Maret hingga 26 Maret 2024 mendatang. Diketahui, ujian sekolah merupakan salah satu syarat bagi siswa kelas XII untuk lulus dari satuan pendidikan.

Hal ini tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Permendikbudristek) Nomor 21 Tahun 2022 tentang Standar Nasional Penilaian Pendidikan Pasal 9 ayat (7).

Wakil Kepala SMAN 3 Mataram Bidang Humas, Eris Nurhayati menyampaikan, kesiapan pihaknya mempersiapkan ujian sekolah tahun ini yang pelaksanaannya bertepatan dengan bulan Ramadan.

“Kita untuk persiapkan ujian sekolah bukan dari sepekan atau dua pekan belakangan sebelum Ramadan, tetapi sudah sejak Januari 2024 kemarin. Materi untuk kelas XII juga sudah selesai pada Januari itu, sehingga Februari bisa dipakai untuk lebih fokus mempersiapkan ujian,” jelasnya kepada NTBSatu, Jumat, 15 Maret 2024.

Dengan waktu yang cukup mepet sejak Januari, ditambah lagi pelaksanaan ujian sekolah saat Ramadan membuat pihak sekolah seperti maraton mempersiapkannya.

Berita Terkini:

“Karena masih ada materi yang harus diselesaikan di semester ini, sehingga Januari kemarin bisa tuntas dan selanjutnya bisa fokus untuk ujian sekolah. Jadinya, bapak dan ibu guru juga agak maraton untuk persiapan ujian,” ujar Eris.

Meskipun maraton, segala persiapan siswa untuk mengikuti ujian sekolah telah dipersiapkan secara matang.

“Pekan lalu juga para siswa sudah mengikuti pra ujian sekolah sebagai persiapan. Minggu ini, mereka minggu tenang saja sebelum ujian hari Senin depan. Secara teknis juga sudah siap,” lanjut Eris.

Sementara terkait soal ujian sekolah, pihaknya diminta oleh Dinas Dikbud NTB untuk menyiapkannya sendiri.

“Bapak dan ibu guru sudah kami informasikan pada hari Rabu kemarin saat hari pertama masuk bulan Ramadan untuk membuat soal ujian sekolah. Soal juga sudah langsung dilakukan input, sehingga Insyaallah sudah siap,” kata Eris.

“Panitia dari sekolah juga sudah siap terkait persiapan ujian sekolah,” tambahnya.

Secara terpisah, Sub Koordinator Kurikulum Bidang SMA Dinas Dikbud NTB, Purni Susanto menjelaskan, pelaksanaan dan soal ujian sekolah tahun ini memang diserahkan sepenuhnya kepada pihak sekolah seperti tahun lalu sesuai dengan Permendikbudristek Nomor 21 Tahun 2022.

“Karena mereka (sekolah) yang paling mengetahui karakteristik peserta didiknya masing-masing. Jadi bagaimana model penilaiannya diserahkan kepada sekolah,” terang Purni. (JEF)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button