Ekonomi Bisnis

Survei Bank Indonesia: Jelang Pemilu, Keyakinan Konsumen terhadap Ekonomi RI Menguat

Mataram (NTBSatu) – Menghitung waktu jelang pesta demokrasi yang akan digelar Rabu, 14 Februari 2024, terlihat masyarakat turut memberikan sentimen positif khususnya dalam mendorong geliat perekonomian.

Hal ini dibuktikan dengan hasil Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) pada Januari 2024, yang mengindikasikan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi meningkat dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Diketahui Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Januari 2024 sebesar 125,0, lebih tinggi dibandingkan 123,8 pada bulan sebelumnya.

Asisten Gubernur Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono menjelaskan, meningkatnya keyakinan konsumen pada Januari 2024 didorong oleh menguatnya Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK).

“IKE tercatat meningkat didukung oleh Indeks Ketersediaan Lapangan Kerja dan Indeks Penghasilan Saat Ini,” jelas Erwin melalui siaran pers, Selasa, 13 Februari 2024.

Berita Terkini:

Pada Januari 2024, keyakinan konsumen terpantau tetap optimis pada seluruh kategori pengeluaran. Peningkatan optimisme tertinggi tercatat pada responden dengan pengeluaran Rp 4,1-5 juta.

Berdasarkan usia, keyakinan konsumen pada Januari 2024 juga terpantau optimis utamanya pada kelompok usia 20-30 tahun. Secara spasial, IKK meningkat di sebagian besar kota yang disurvei.

1 2Laman berikutnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button