Esai

Peran Bahasa Dalam Pengembangan Kognisi  Otak

Oleh: Siti Shofiatun Nada – Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, UNW Mataram, 2024


Bahasa merupakan peran penting didalam kehidupan bermasyarakat karena dengan bahasa

IKLAN

setiap individu dapat menyampaikan ide,gagasan,perasaan yang ingin disampaikan baik secara langsung ataupun tidak langsung,baik secara tulisan atau lisan. Proses belajar bahasa memerlukan keterlibatan otak dalam memahammi dan memproses struktur bahasa yang dapat melibatkan kognisi  otak. Perkembangan kognitif yang yang meliputi cara berfikir,pengelolaan informasi,strategi pemecahan masalah,dll. Apakah bahasa akan mempengaruhi kognitif atau perkembangan kognitif yang akan mengatur perkembangan bahasa?.

Pada tahapan awal kehidupan,anak-anak yang berada dalam lingkungan bahasa yang baik memiliki kecenderungan untuk mengembangkan kemampuan kognitif yang lebih baik. Bahasa membantu membentuk pola  pikir,memori,dan pemecahan masalah, selain itu juga melalui bahasa kita bisa membangun konsep dan meningkatkan pemahaman dunia sekitarnya. Berikut  beberapa peran bahasa dalam pengembangan kognisi otak:

1. Pembentukan Struktur Otak Melalui Pembelajaran Bahasa

Pada tahap awal kehidupan,otak akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang cepat dalam memahami bahasa.pembelajaran bahasa berperan pentig dalam membentuk struktur otak,terutama dalam mengaktifkan area boca dan wernicke yang terlibat dalam memahami bahasa.interaksi dengan lingkungan yang kaya akan bahasa bisa merangsang pertumbuhan dalam se-sel otak.

2. Pengaruh Bahasa Terhadap Proses Koginif

Bahasa bukan hanya sebagai alat komunikasi tetapi juga sebagai jembatan untuk proses  kognitif.misalkan seorang sedang berbicara atau membaca buku,otaknya akan terlibat dalam mendapatkan informasi, oleh karena itu  pemahaman dan penggunaan bahasa  yang baik dapat meningkatkan kognitif seperti berfikir kritis dan memecahkan masalah

3. Peran Bahasa dalam Mentransfer Pengetahuan

Dalam pendidikan bahasa mempunyai peran penting dalam mentransfer pengetahuan. Kemampuan membaca, menulis, dan berbicara bukan hanya keterampilan komunikasi saja, tetapi melibatkan keterampilan kognitif didalamnya. Dengan demikian penguasaan bahasa yang baik bukan hanya meningkatkan kemampuan dalam literasi, tapi mendukung perkembangan kognisi otak melalui kognisi yang sederhana atau kompleks.

Dalam beradaptasi,berkembang dan berinteraksi dengan otak harus menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh otak, karena otak dapat meningkatkan kemampuan belajar,berfikir kritis. oleh karena itu pengembangan kognisi otak manusia sangat penting dalam penggunaan bahasa sehari-hari.


Tugas Akhir Mata Kuliah Psycholinguistics. Dosen Pengampu Mata Kuliah: M. Rajabul Gufron, S.Pd., M.A.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button