ADVERTORIAL

Menteri ATR/BPN Serahkan Sertifikat PTSL “Door to Door” ke Warga Kota Mataram

Mataram (NTB Satu) – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto turun ke rumah-rumah warga di dalam Gang Patut, Kelurahan Pagutan Barat, Kota Mataram, Kamis 25 Januari 2024.

Kehadiran Menteri ATR/BPN untuk menyerahkan Sertifikat Hak Milik kepada masyarakat. Hal ini sekaligus memastikan proses penyertifikatan tanah berjalan lancar.

Dalam kesempatan kali ini, dari total 126.000 sertifikat, mantan Panglima TNI itu menyerahkan secara door to door 50 sertifikat kepada warga.

Sertifikat yang diserahkan ini merupakan hasil dari program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). 

“Artinya tidak lama lagi Kota Mataram ini bisa dideklarasukan menjadi Kota Lengkap,” ucap Hadi di depan masyarakat penerima sertifikat.

Sertifikat tanah ini jelas Hadi, menjadi bentuk kepastian hukum hak atas tanah terhadap tempat tinggal milik masyarakat.

Sertifikat ini juga menjadi instrumen yang bisa meminimalisir risiko terjadinya konflik pertanahan.

“Kalau sudah ada sertifikat, kan bisa digunakan sebagai agunan untuk usaha. Selain itu tidak ada lagi cek-cok dalam keluarga, apalagi lahan itu tanah waris,” lanjut Menteri ATR/BPN.

Sebagai informasi, program PTSL sudah berhasil mempercepat pendaftaran dan sertifikasi bidang tanah di Indonesia.

Sampai dengan akhir 2023, tercatat jumlah bidang tanah terdaftar di Indonesia mencapai sekitar 107,5 juta dari total 126 juta bidang tanah. (MIL/*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button