Kota Mataram

Teras Udayana Segera Diresmikan, Komunitas Literasi Harap Tidak Banyak Aturan

Mataram (NTBSatu) – Pembangunan Teras Udayana sudah rampung beberapa waktu yang lalu. Saat ini Pemerintah Kota Mataram sedang mempersiapkan proses peresmian Teras Udayana dalam beberapa hari ke depan.

Mengetahui hal tersebut, Koordinator Komunitas Teman Baca, Dedy Ahmad Hermansyah mengapresiasi keberadaan Teras Udayana, karena selama ini penyediaan ruang kreatif masih sangat kurang di Nusa Tenggara Barat.

“Memang sih taman-taman sudah bermunculan, tapi rasa-rasanya fokus untuk rekreasi masyarakat kota, bukan ruang khusus komunitas kreatif,” katanya, Kamis, 11 Januari 2024.

IKLAN

Dedy menegaskan bahwa pemerintah harus memastikan komunitas bisa memanfaatkan ruang itu. Ia berharap tidak banyak aturan agar para komunitas bisa leluasa untuk berkreasi.

“Harapan kami sih agar ruang-ruang sejenis Teras Udayana bisa benar-benar bermanfaat buat komunitas kreatif, terutama dalam bidang seni-budaya yang ada di NTB,” harapnya.

Berita Terkini:

Ia juga menceritakan untuk sementara waktu, Komunitas Teman Baca masih aktif beraktivitas atau berliterasi di sekretariat yang berada di Jalan Pemuda, dan belum aktif di ruang publik lagi.

“Terakhir 2017-2018 sebelum gempa kami ngelapak di ruang publik. Tahun ini, komunitas kami rencana mau ngelapak, kalau bukan di pantai, ya di Taman Udayana,” tutur Dedy.

“Pertama, karena gempa itu sendiri, sehingga kami semua fokus menjadi relawan. Kedua, pas setahunan kondisi pasca-gempa agak sedikit pulih, 2019 akhir ada pandemi Covid-19, akhirnya kami putuskan fokus berkegiatan di sekretariat saja, kegiatannya seperti yang bisa dilihat pada postingan-postingan media sosial kami,” pungkasnya. (WIL)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button