ISU SENTRALPendidikan

Pengamat Sebut Praktik Intimidasi dan Transaksi Mutasi di Bima Termasuk Politisasi Dunia Pendidikan

Mataram (NTBSatu) – Praktik intimidasi dan transaksi mutasi di Bima yang diduga dilakukan oknum Caleg DPRD NTB bersama seorang pengawas dan kepala sekolah (kepsek) dianggap sebagai politisasi dunia pendidikan.

Hal ini disampaikan Pengamat Pendidikan Universitas Muhammadiyah Mataram (Ummat), Dr. Syafril, S.Pd., M.Pd., kepada NTBSatu, Selasa, 9 Januari 2024.

Menurut Syafril, sekolah dan guru adalah lembaga dan tenaga yang profesional. Sehingga jika ada proses politik yang masuk dalam dunia sekolah, maka akan menjadi masalah serius karena dapat mempengaruhi kualitas tata kelola pendidikan.

“Jika itu benar, bahwa ada informasi oknum Caleg DPRD NTB memobilisasi guru penggerak di Bima menjadi kepala sekolah atau menjadi apa, dapat dikatakan ini adalah politisasi pendidikan,” ungkapnya.

“Itu sebuah tindakan yang menyalahi ketentuan profesionalisme dunia pendidikan,” tambah Sekretaris Rektor I Ummat ini.

Berita Terkini:

Ia pun meminta agar masalah ini cepat diselesaikan oleh Dinas Dikbud NTB. Terutama, dengan mengatur mekanisme rekrutmen kepala sekolah secara terbuka dan tidak ada yang ditutupi.

“Yang perlu dilakukan adalah segala hal yang berkaitan dengan rekrutmen kepala sekolah dilakukan secara terbuka. Tidak ada intervensi kepentingan lain, selain kepentingan profesional,” jelas Syafril.

1 2Laman berikutnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button